Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompilasi Lelucon April Mop 2014

Kompas.com - 02/04/2014, 09:45 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ZDNet,BBC
Tokoh-tokoh Pokemon di Google Maps

KOMPAS.com — Menyikapi informasi yang beredar pada 1 April selalu menuntut kehati-hatian. Betapa tidak, pada tanggal ini, banyak pihak menebar info palsu yang dimaksudkan sebagai lelucon. Salah-salah bisa termakan "jebakan" dan kena dikerjai.

Tak terkecuali di dunia teknologi, para nama besar pun berlomba-lomba memancing senyum pada hari yang dikenal sebagai April Mop atau April Fools tersebut. Berikut ini daftar sejumlah canda menarik yang mereka lontarkan, sebagaimana dikutip dari ZDNet dan BBC.

1. Lowongan Google Pokemon Master

Google mengumumkan lowongan pekerjaan baru dengan nama "Pokemon Master". Untuk melamar, calon kandidat yang tertarik diharuskan mengumpulkan 150 tokoh dari game Pocket Monster tersebut melalui aplikasi Google Maps di Android dan iOS.

Pengumuman tersebut cuma bohong-bohongan. Namun, menelusuri Google Maps untuk menangkap Pokemon ternyata cukup menantang dan asyik karena mereka tersebar di sejumlah wilayah di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

2. Google Auto Awesome Photobombs dan Shelfie

Tak cukup satu, Google memang menebar beberapa lelucon April Mop sekaligus. Candaan lainnya berupa layanan baru Auto Awesome Photobombs di Google+ yang menambahkan gambar David Hasselhoff dari serial TV Baywatch di foto-foto pengguna agar terlihat lebih "keren".

Lalu, ada pula fitur Shelfie yang akan menyambut pengguna Gmail saat login tanggal 1 April. Fitur ini bisa mengganti tema Gmail dengan custom theme berisi rangkaian foto narsis alias selfie dari orang lain atau pengguna sendiri.

BBC
Google Auto Awesome Photobombs menambah gambar David Hasselhoff pada foto pengguna secara otomatis

Theme ini kemudian bisa dibagikan ke teman-teman agar mereka "bisa mengagumi diri Anda seperti yang Anda lakukan", menurut penjelasan konyol dari Google.

3. The Virtual Bay, Pirate Bay di dalam Kepala

Yang satu ini adalah "proyek" bohongan hasil garapan The Pirate Bay, situs yang dikenal dekat dengan torrent dan gugatan pelanggaran hak cipta.

The Virtual Bay disebut merupakan "langkah terbesar dalam sejarah" yang menggabungkan ilmuwan saraf dari berbagai belahan dunia di bawah bendera The Pirate Bay.

ZDNet
The Virtual Bay

Tujuannya ialah menciptakan headset virtual reality ala visor di film fiksi ilmiah yang mampu menyimpan indeks torrent di kepala pengguna. Download musik dan game pun bisa dilakukan secara live.

Karena The Pirate Bay "hidup" di pikiran pengguna, layanan tersebut jadi tak bisa dikejar para pemegang hak cipta. Hal yang satu ini tampaknya hanya akan menjadi mimpi di dalam otak saja.

4. iFixit dibeli Apple

Halaman:
Sumber ZDNet,BBC



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com