Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkenalkan Cortana, Saingan Siri dan Google Now

Kompas.com - 03/04/2014, 10:33 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Time,Re/code

KOMPAS.com - Empat tahun setelah kemunculan Siri dari Apple, Microsoft akhirnya memperkenallan aplikasi personal assistant Cortana untuk platform Windows Phone 8.1 dalam acara konferensi developer Build di San Francisco, Rabu (2/4/2014) kemarin.

Cortana yang namanya diambil dari tokoh hologram di game Halo ini dimotori oleh Bing dan bakal menggantkan fungsi pencarian standar di Windows Phone. Ia bisa diakses melalui sebuah Live Tile khusus.

Di samping membuat panggilan telepon dan menulis SMS, sebagaimana dilaporkan oleh Time, Cortana bisa diminta melakukan hal lain seperti membuat reminder, jadwal pertemuan, alarm, memberi informasi cuaca, hasil pertandingan olahraga, sampai meluncurkan aplikasi.

Aplikasi ini pun bisa diberikan akses ke e-mail agar dapat mengingatkan si empunya perangkat mengenai hal-hal seperti jadwal pesawat.

Seperti Siri, suara Cortana yang "berjenis kelamin" perempuan diisi oleh aktris wanita. "Kepribadian" kedua asisten persoanal ini pun mirip. Ketika ditanya mengenai Siri, Cortana menjawab, "Sejauh ini, percakapan kami masih terasa satu sisi." Dia juga menyebut Bill Gates sebagai "bapaknya".

Cortana pada awalnya akan datang dalam versi beta pada ponsel Windows Phone 8.1. Pembaruan sistem operasi tersebut bakal mulai disalurkan pada akhir April atau Mei mendatang.

Microsoft menyadari bahwa Cortana bukanlah satu-satunya software personal assistant yang ada saat ini, ataupun yang satu-satunya. Apple telah lebih dulu memiliki Siri, begitupun pengguna Android dengan Google Now.

Kedua pesaingnya itu turut disisipkan dalam sebagian naskah dialog Cortana. "Kami (Cortana) akan dibanding-bandingkan secara kompetitif," ujar manajer program Cortana, Marcus Ash, yang dikutip oleh Recode. "Kami ingin menghormati, tapi juga mau bersenang-senang sedikit".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Time,Re/code
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com