Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rilis 8 April, Ini Fitur Baru Windows 8.1

Kompas.com - 03/04/2014, 12:13 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft mengumumkan bahwa pembaruan untuk sistem operasi Windows 8.1 akan bisa diunduh mulai 8 April 2014 nanti. Windows 8.1 Update, demikian Microsoft menyebutnya, memiliki sejumlah fitur yang diklaim bisa memudahkan pengguna bertransisi dari Windows 7.

Pertama-tama, seperti ditulis dalam Windows Experience Blog, Microsoft mendesain agar Windows 8.1 Update nyaman digunakan oleh pengguna PC desktop dan laptop dengan mengoptimalkan penggunaan keyboard dan mouse/touchpad. Alasannya, di kedua perangkat tersebut, metode layar sentuh bukan metode utama untuk menavigasi antarmukanya.

Sistem operasi bisa mengenali perangkat apa yang digunakan pengguna. Jika PC desktop atau laptop yang terdeteksi, sistem akan langsung menampilkan layar Desktop setelah booting. Sebaliknya, jika menggunakan tablet, maka yang ditampilkan adalah Start-screen Metro. Konfigurasi fitur ini juga bisa diubah secara mandiri oleh pengguna.

Pengguna kini juga bisa melakukan boot dan resume secara langsung ke layar Desktop. Artinya, setelah PC atau laptop dalam kondisi mati atau standby, pengguna bisa menyalakan perangkat dan langsung mendapati layar Desktop yang ditampilkan di layar, alih-alih antarmuka Metro.

Microsoft kini juga memungkinkan aplikasi-aplikasi Windows Store bisa ditaruh (pin) di taskbar Desktop. Dengan demikian, pengguna bisa mengakses aplikasi secara cepat. Aplikasi baru yang di-install akan langsung memiliki shortcut di taskbar, pengguna juga bisa menghapus shortcut tersebut jika tidak menginginkannya.

Selain itu, aplikasi Windows Store yang berjalan juga ditampilkan di taskbar. Microsoft juga memberikan tombol fungsi Close dan Minimize ke dalam aplikasi tersebut, sehingga kini pengguna tak harus bolak-balik membuka Desktop dan antarmuka Metro untuk mengakses aplikasi.

Kontrol media (Play/Stop/Pause) dengan menyorot aplikasi yang sedang di-minimize di taskbar juga bisa dilakukan. Fitur ini dimiliki oleh aplikasi-aplikasi multimedia, seperti pemutar musik dan video.

Dan yang tak kalah penting, dalam Windows 8.1 Update, tombol Power dan Search kini dipajang secara permanen di layar Start, sehingga kini pengguna bisa mengakses kedua tombol tersebut dengan lebih cepat.

Selain memberikan pembaruan untuk kalangan konsumer, Microsoft juga memberikan update bagi kalangan developer. Update-update lebih lengkapnya bisa dibaca di blog Microsoft yang bisa dikunjungi melalui tautan berikut ini.

Sebagai gambaran, simak video yang menerangkan pembaruan di Windows 8.1 Update berikut ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com