Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir 2015, Peralihan Telkom Flexi "Rampung"

Kompas.com - 07/04/2014, 15:00 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkom berencana mengganti teknologi Flexi dari Code Division Multiple Access (CDMA) menjadi Extended-Global System for Mobile (E-GSM). Peralihan teknologi dan migrasi pelanggan Flexi ke Telkomsel diharapkan rampung pada akhir 2015.

Teknologi CDMA dinilai Telkom sudah tak lagi menarik seperti dulu. Telkom bahkan telah menghentikan pendaftaran pelanggan baru untuk layanan Flexi dan mematikan jaringan Flexi di beberapa daerah memang tidak ada pelanggan Flexi.

Perusahaan sudah mengambil ancang-ancang untuk migrasi teknologi dengan melakukan uji coba memanfaatkan spektrum frekuensi 850MHz untuk layanan E-GSM Flexi di Papua Barat, sebagaimana perintah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Direktur Innovation & Strategic Portofolio Telkom, Indra Utoyo berharap, Kemenkominfo dapat memberi izin pemanfaatan frekuensi 850MHz untuk E-GSM di tahun ini.

“Setelah izin keluar, secara bertahap teknologi Flexi akan diganti ke GSM dan pelanggannya dimigrasi ke Telkomsel. Kami memperkirakan proses migrasi teknologi dan pelanggan selesai pada akhir 2015,” kata Indra saat dihubungi KompasTekno, Senin (7/4/2014).

Peralihan teknologi ini dinilai Indra tidak akan mengganggu pelanggan. Karena, menurutnya, layanan Flexi akan tetap berlanjut tanpa harus melihat teknologi macam apa yang dipakai di belakangnya.

“Pelanggan tidak mementingkan teknologi, yang penting layanannya berlanjut dan tarifnya tidak berubah,” tutur Indra.

Selain Telkom Flexi, Indosat juga meminta kepada Kemenkominfo agar layanan StarOne berganti teknologi ke E-GSM.

Peralihan ini sejatinya akan menghadapi sejumlah hambatan serius yang bisa mengganggu kenyamanan pelanggan. Hal ini pula yang membuat Kemenkominfo belum memberi lampu hijau soal rencana Telkom Flexi dan Indosat StarOne.

Beberapa hambatan yang ditemuai antara lain masalah penomoran, tarif, dan interferensi karena menggelar dua jaringan (GSM dan CDMA) dalam satu rentang frekuensi di 850MHz.

Selain itu, Telkom juga menemukan hambatan tersendiri jika ingin mengalihkan pelanggan Flexi ke Telkomsel. Meskipun Telkomsel merupakan anak perusahaan Telkom, namun secara regulasi keduanya adalah entitas yang berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com