Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gratis, Aplikasi Microsoft Office di "Browser" Chrome

Kompas.com - 16/04/2014, 11:22 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft, pada Februari lalu, telah meluncurkan ulang layanan aplikasi produktivitas berbasis web-nya dengan nama baru, Office Online. Kini, Microsoft membawa aplikasi tersebut ke tingkat lebih lanjut dengan membuat aplikasi khusus untuk pengguna browser Chrome.

Ya, walaupun Office Online bisa diakses dengan browser apa pun dengan mengunjungi alamat Office.com, namun pengguna Chrome kini memiliki aplikasi Office Online khusus di browser-nya. Layanan Word Online, PowerPoint Online, dan OneNote Online bisa dijalankan langsung dari browser besutan Google tersebut.

Dalam blog resmi Microsoft Office yang ditulis pada Senin(14/4/2014), Microsoft mengatakan ingin memungkinkan pengguna Chrome membuat dokumen Office secara online dengan mudah di desktop. Sayangnya, Microsoft belum menghadirkan Excel Online di browser Chrome. 

Pengguna bisa mengunduh aplikasi sekaligus memasangnya di browser dengan mengunjungi toko aplikasi Chrome Web Store (chrome.google.com/webstore). Ketik Word Online/PowerPoint Online/OneNote Online di kolom search yang tersedia di pojok kiri atas.

Aplikasi-aplikasi tersebut bisa digunakan secara gratis dan bisa diakses dengan login menggunakan akun Microsoft. Semua dokumen-dokumen online yang dibuat akan tersimpan secara otomatis dalam layanan penyimpanan cloud Microsoft, OneDrive secara default.

Walau demikian, aplikasi Office di browser Chrome juga dikeluhkan pengguna karena mereka harus login ke akun OneDrive tiap kali ingin membuat atau mengakses dokumen. Selain itu, pengguna juga menyayangkan mengapa Microsoft tidak menyertakan fitur offline mode seperti yang dilakukan Google dengan Google Docs-nya.

Fitur-fitur baru di Office Online

Selain merilis layanan Office-nya di browser Chrome, Microsoft pada Senin lalu juga memperkenalkan fitur-fitur baru di Office Online, seperti peningkatan dukungan terhadap file yang mengandung aplikasi Visual Basic, sehingga file tersebut kini bisa dibuka dan diedit langsung dengan Excel Online.

Mode editing juga dilengkapi dengan kemampuan menambah komentar, baik untuk Word maupun Excel Online. Fitur ini berguna jika satu dokumen yang tersimpan dikerjakan secara bersama-sama.

Sementara untuk PowerPoint Online, kini layout slide-nya menjadi lebih mirip dengan hasil akhir setelah selesai diedit. OneNOte Online di sisi lain mendapat pembaruan fitur berupa kemampuan mencetak (print) file.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com