Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lensa Kontak Google Jepret Foto dengan Kedipan

Kompas.com - 17/04/2014, 11:00 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Time
Diagram lensa kontak pintar dalam paten Google

KOMPAS.com — Inilah proyek nyeleneh lainnya dari Google. Setelah membuat kacamata pintar, raksasa mesin pencari tersebut kini beralih ke lensa kontak (contact lens) pintar.

Proyek "moonshot" itu dijabarkan dalam dokumen aplikasi paten yang dilansir oleh Time. Dalam gambar diagram perangkat yang dipatenkan, tampak sepasang lensa kontak yang dibekali rangkaian sensor di permukaannya.

Sensor-sensor tersebut dipakai untuk mendeteksi hal-hal yang berhubungan dengan fungsi visual, seperti cahaya, pola warna, obyek, dan wajah orang lain.

Ada pula unit kamera kecil yang turut dibenamkan. Pengguna nantinya bisa mengendalikan lensa kontak ini dengan cara mengedipkan mata, termasuk untuk menjepret foto.

Rangkaian komponen diletakkan di bawah pupil lensa sehingga alat tersebut bisa menempel dan bergerak bersama mata tanpa menghalangi pandangan, seperti lensa kontak biasa.

Di samping mengambil gambar, situs Patent Bolt yang mengendus keberadaan paten Google ini menyebutkan bahwa lensa kontak pintar itu juga bisa dipakai oleh tunanetra untuk "melihat" sejumlah benda di sekitar.

"Misalnya, seorang tunanetra yang memakai lensa kontak ini berjalan mendekati perempatan jalan, lensa kontak bisa memproses data visual dari kamera untuk mendeteksi kendaraan yang datang," tulis Patent Bolt.

Kontak lensa ini turut dibekali kapabilitas wireless untuk dihubungkan ke gadget seperti smartphone.

Lensa kontak pintar yang agaknya masih berupa konsep ini menggabungkan aspek-aspek kacamata pintar Google Glass dan contact lens pemindai air mata yang lebih dulu diperkenalkan Google pada Januari lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Time
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com