Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL, Indosat, Telkom, Dukung Isi Saldo Tiket Kereta

Kompas.com - 18/04/2014, 07:25 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penumpang kereta api rel listrik Jabodetabek kini bisa mengisi saldo kartu multitrip (KMT) dengan layanan uang elektronik dari perusahaan telekomunikasi XL Axiata, Indosat, dan Telkom. Layanan ini mulai aktif pada Kamis, (17 April 2014).

Layanan ini memang ditujukan kepada pengguna KMT yang mendominasi transaksi tiket elektronik kereta Jabodetabek. PT KAI Commuter Line Jabodetabek (KCJ) mencatat, ada 600.000 transaksi tiket elektronik per hari. Dari jumlah tersebut, sekitar 55 persen penumpang menggunakan kartu multitrip.

Pelanggan salah satu perusahaan telekomunikasi itu terlebih dulu harus mengaktifkan akun uang elektronik, XL Tunai, Indosat Dompetku, atau Telkom T-Money.

Saat mengisi ulang saldo KMT, pengguna harus memasukkan 16 digit nomor kartu yang tertera di bagian belakang KMT. KMT yang telah diisi ulang kemudian harus diletakkan di vending machine stasiun untuk menuntaskan proses reload atau transfer dana dari layanan uang elektronik perusahaan telekomunikasi.

Vending machine saat ini sudah tersedia di tiga stasiun, yaitu Sudirman, Bogor, dan Jakarta Kota. Tahun ini, vending machine itu rencananya akan dipasang pada 20 stasiun lain di Jabodetabek.

Presiden Direktur dan CEO Indosat Alexander Rusli mengatakan, hadirnya layanan uang elektronik dari perusahaan telekomunikasi ini bertujuan mendukung program pemerintah yang fokus memperbaiki dan meningkatkan kualitas sistem transportasi. Selain itu, layanan ini juga memudahkan pelanggan agar tidak perlu mengantre saat mengisi saldo KMT di stasiun.

Pengguna yang mengisi saldo KMT dengan layanan uang elektronik dari perusahaan telekomunikasi dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 2.500 setiap isi saldo.

Sementara itu, jika mengisi saldo kartu Tiket Harian Berjaminan (THB) atau single trip, biaya administrasi yang dikenakan adalah Rp 350.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com