Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Tablet Nokia Buatan Tahun 2001

Kompas.com - 19/04/2014, 08:43 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber BGR

KOMPAS.com — Diam-diam, pada tahun 2001, Nokia ternyata telah mengembangkan perangkat dengan fungsi yang menyerupai tablet PC.

Perangkat tablet yang oleh Nokia diberi nama seri M501 tersebut terungkap dalam sesi wawancara yang dilakukan media Finlandia, ISTV dengan mantan karyawan Nokia, Esko Yliruusi.

Menurut Yliruusi, yang menjabat sebagai Data Communications Specialist dari tahun 1996 hingga 2001, M501 sudah dianggap canggih pada masanya, walau bentuknya berbeda dengan tablet Apple yang populer mulai tahun 2010. Tablet Nokia tersebut lebih tebal dibanding tablet PC yang banyak dibuat saat ini.

Selain itu, desain tablet Nokia juga memiliki penopang yang mirip dengan tablet Surface Microsoft, untuk membantunya berdiri secara vertikal. Namun layar yang dimiliki mungkin tergolong primitif saat ini, sebab masih mengusung layar hitam putih.

Tablet Nokia tersebut memiliki beberapa tombol di kedua sisinya yang bisa digunakan untuk navigasi antarmuka.

Sayangnya, perangkat tersebut tidak jadi dipasarkan Nokia. Mengapa saat itu Nokia memutuskan untuk membatalkan proyek tabletnya? Hal ini menjadi pertanyaan karena saat itu, 13 tahun yang lalu, Nokia memiliki kesempatan sebagai vendor pertama yang meluncurkan tablet PC.

Dikutip dari BGR, Selasa (15/4/2014), tablet tersebut secara keseluruhan terlihat terlalu tebal, bahkan dibanding dengan konsep tablet PC yang pertama diperkenalkan Microsoft.

Dengan layar monokrom dan tombol-tombol yang tersebar banyak di kedua sisi layarnya, M501 juga dianggap kurang praktis digunakan. Bandingkan dengan inovasi Apple yang hanya menyediakan tombol fisik yang terbatas di tabletnya.

Yliruusi mengatakan, tablet Nokia tersebut datang terlalu dini pada masanya. Karena itu, Nokia memutuskan untuk menghentikan proyek tersebut. Keputusan Nokia bisa jadi keputusan yang tepat.

Jika melihat perkembangan tren tablet PC saat ini, tablet Nokia M501 kemungkinan tidak akan sukses di pasaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com