Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi iOS Lebih Menguntungkan Dibanding Android

Kompas.com - 20/04/2014, 11:16 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Menurut riset yang dilakukan App Annie, jumlah unduh aplikasi di Google Play Store pada kuartal pertama 2014 lebih tinggi dibanding jumlah unduh di Apple App Store. Walau demikian, App Store mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi untuk pengembang aplikasi. Bagaimana bisa?

Riset yang dilakukan App Annie menunjukkan bahwa dalam kuartal pertama 2014, jumlah unduh aplikasi Play Store lebih tinggi 45 persen dibanding App Store. Di kuartal sebelumnya pun Play Store lebih unggul 35 persen dibanding App Store.

Namun, jika melihat dari jumlah keuntungan yang didapat, toko aplikasi milik Apple tersebut justru mengungguli toko aplikasi Google.

Dikutip dari Phone Arena (16/4/2014), selama periode Januari hingga Maret 2014, aplikasi iOS mendatangkan keuntungan 85 persen lebih banyak dibanding jumlah pendapatan yang diterima pengembang aplikasi dalam Google Play Store.

Walau memimpin dengan margin keuntungan yang tinggi, namun menurut survei App Annie, kesenjangan pendapatan yang diterima pengembang pada kedua toko aplikasi populer tersebut kian mengecil, termasuk di negara-negara seperti Amerika Serikat dan Inggris.

Di kuartal pertama 2014 lalu Google Play mendapatkan pertumbuhan keuntungan sebesar 55 persen di pasar AS, dan 25 persen di Inggris.

Google sangat bergantung pada pasar di negara-negara berkembang dalam memasarkan aplikasinya. Sebab, di pasar tersebut, harga ponsel pintar Android dijual lebih murah dan mengalahkan penjualan iPhone.

Game menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh. Tiga dari empat aplikasi teratas di App Store adalah game. Bahkan, di Play Store, aplikasi game mendominasi sebesar 90 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com