Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Hemat Baterai MacBook Pro dan MacBook Air

Kompas.com - 20/04/2014, 14:41 WIB
KOMPAS.com - Apple mendesain perangkat laptop Macbook Pro dan Macbook Air dengan kualitas baterai yang diklaim dapat bertahan setengah hari atau bahkan lebih. Hal ini dilakukan untuk mendukung program internasional go green dan membantu mobilitas pengguna.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna komputer jinjing itu dalam menghemat daya baterai agar mereka tidak repot mencari stop kontak ketika sedang bepergian atau bekerja di luar rumah. Berikut tips dari tim situs web MakeMac.com yang fokus mengamati teknologi dan produk Apple.

Gunakan OS X Mavericks

Lakukan pembaruan OS X Maverick bila Macbook Pro atau Macbook Air Anda masuk daftar komputer yang didukung OS X 10.9 ini. Apple memberikan beberapa fitur baru di OS X Mavericks yang berguna untuk menghemat baterai. Salah satunya adalah Power Nap dan Safari Power Saver. Bahkan iTunes juga diklaim lebih hemat daya pada OS X Mavericks.

Perketat pengaturan Energy Saver

Lakukan pengaturan Energy Saver dari menu System Preferences lalu pilih Energy Saver. Ubah pengaturan pada Battery dan Power Adapter sekecil mungkin, namun pertimbangkan juga agar tidak mengganggu aktivitas. Beri tanda checklist pada mode ‘Put hard disks to sleep when possible’ untuk mengistirahatkan media penyimpanan data (hard disk atau SSD) saat tidak digunakan.

Mematikan Wi-Fi dan Bluetooth

Perangkat nirkabel Wi-Fi dan Bluetooth dapat dimatikan saat tidak digunakan. Selain dapat mengurangi penggunaan baterai, hal ini dapat mencegah orang-orang usil untuk berbuat tidak baik seperti mengakses shared folder yang dibuat atau hal lainnya.

Mengurangi kecerahan layar

Pengguna bisa mengurangi kecerahan (brigthness) pada layar komputer Mac untuk menghemat baterai. Dengan tingkat brightness yang rendah, mata akan lebih nyaman untuk melihat layar dan tidak cepat lelah. Hal yang sama juga dapat dilakukan untuk backlight keyboard agar mendapatkan cahaya yang redup dan lebih nyaman.

Mencabut perangkat eksternal

Perangkat eksternal seperti USB flashdisk, hardisk external atau pembaca DVD eksternal sebaiknya dicabut saat tidak menggunakannya. Hal ini juga bermanfaat untuk mencegah hal yang tidak diinginkan seperti listrik yang mati dan membuat hardisk eksternal dengan tenaga listrik menjadi error.

Selain itu, mencabut perangkat eksternal yang tak terpakai juga akan memberi kenyamanan kepada pengguna saat bekerja dari kabel-kabel yang terhubung ke komputer.

Disclosure: MakeMac adalah anak perusahaan Apps Foundry Pte, Ltd. Kelompok Kompas Gramedia melalui anak usaha Grup Digital, PT Gramedia Digital, memiliki investasi strategis di Apps Foundry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com