Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Coba Patenkan "Gesture Unlock" ala Android

Kompas.com - 21/04/2014, 11:00 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Geek.com
Diagram penjelasan cara kerja Gesture entry techniques dalam paten Apple

KOMPAS.com - Gadget Apple dikenal dengan mekanisme pembuka kunci layar "slide to unlock", sedang perangkat Android memiliki "pattern unlock" dimana untuk membuka kunci pengguna harus menyapu jari melewati sejumlah titik yang ditampilkan untuk membentuk pola tertentu.

Mekanisme yang telah disertakan dalam ponsel Android sejak 2008 ini menjadi salah satu fitur keamanan di samping opsi input PIN atau password dan identik dengan perangkat berbasis sistem operasi tersebut.

Nah, belakangan, Apple rupanya merasa tertarik dengan metode pembuka kunci yang mengandalkan gerakan jari itu.

Informasi yang baru mengemuka menyebutkan bahwa pada akhir 2012 lalu Apple mengajukan paten untuk teknologi bernama "Gesture entry techniques". Ini tak lain merupakan varian pattern unlock untuk dipakai di gadget Apple sendiri.

Menurut penjelasan dalam dokumen paten yang dikutip oleh Geek.com, seperti pada ponsel Android, pattern unlock ala Apple menyediakan sembilan titik 3x3 di layar yang harus dihubungkan.

Tapi mekanismenya lebih canggih karena pengguna bisa menambahkan titik-titik tak terlihat yang juga harus dilewati atau dihindari untuk melakukan unlock.

Bisa juga memasukan persyaratan tertentu agar proses unlock lebih sulit dilakukan, misalnya dengan mengharuskan jari untuk berhenti selama beberapa saat ketika berada di titik tertentu.

Meski canggih, agaknya kecil kemungkinan bahwa Apple bakal segera menerapkan teknologi ini di gadget mobile buatannya. Perusahaan tersebut untuk sementara ini terlihat lebih fokus dengan pengembangan mekanisme pemindai sidik jari TouchID.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Geek.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com