Developer Cewek Female Dev Rayakan Hari Kartini - Kompas.com

Developer Cewek Female Dev Rayakan Hari Kartini

Oik Yusuf
Kompas.com - 21/04/2014, 19:41 WIB
Kibar
CEO Kibar Yansen Kamto (pria, berbaju biru) dan para anggota FemaleDev berkumpul di kantor Kibar, bilangan Menteng, Jakarta, Minggu (20/4/2014) dalam rangka acara FemaleDev Kartinian: Make Change Happen.

KOMPAS.com - Para developer perempuan yang tergabung dalam organisasi FemaleDev punya cara sendiri untuk menyambut hari Kartini, 21 April 2014. Sebuah acara bertajuk "FemaleDev Kartinian: Make Change Happen", digelar bersamaan di Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Pontianak pada Minggu (20/4/2014).

Dalam acara tersebut, 21 perempuan developer dari masing-masing kota diajak untuk membuat karya yang berkaitan dengan isu sosial, budaya, kesehatan, dan pariwisata.

Kegiatan ini membuahkan sejumlah aplikasi, seperti aplikasi mobile bernama Donate This! dari tim FemaleDev Yogyakarta yang menyediakan daftar panti asuhan di daerah Yogyakarta dan sekitarnya menggunakan teknologi pemetaan Google Maps.

Ada pula aplikasi web sistem informasi geografis buatan anggota FemaleDev asal Pontianak yang memuat peta lokasi rumah sakit di kota tersebut, dan aplikasi mobile Surabaya Heritage dari anggota FemaleDev Surabaya yang menampilkan informasi seputar wisata dan tempat bersejarah di ibukota Jawa Timur itu.

"FemaleDev merupakan bukti nyata yang mematahkan mitos bahwa perempuan tidak bisa berkiprah di industri teknologi," kata Yansen Kamto, CEO Kibar selaku inisiator FemaleDev, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (21/4/2014).

Sebelumnya, dalam kurun waktu setahun terakhir, FemaleDev sudah menyelenggarakan 38 workshop pemrograman khusus perempuan di 10 kota di Indonesia. Organisasi yang didirikan pada Februari 2013 ini sudah memiliki lebih dari 1.000 orang anggota yang semuanya merupakan para perempuan developer aplikasi.

PenulisOik Yusuf
EditorWicak Hidayat
Komentar