Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Ramaikan Pasar Gadget Android Indonesia

Kompas.com - 24/04/2014, 08:29 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com - Hewlett-Packard (HP) memang pemain besar dalam industri komputer pribadi. Tetapi di industri perangkat mobile, tepatnya ponsel pintar dan tablet berbasis Android, mereka bisa disebut sebagai pemain baru lantaran terlambat masuk dalam industri yang sedang "seksi" itu.

Lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali, begitu kira-kira pernyataan yang tepat ditujukan kepada HP. Perusahaan asal Amerika Serikat itu akhirnya masuk dalam bisnis ponsel pintar dan tablet berbasis Android.

Negara berkembang menjadi incaran, termasuk Indonesia, India, dan Thailand. HP tidak mau bermain di segmen pasar bawah dan atas, mereka memilih untuk bermain di segmen pasar kelas menengah.

Di bisnis ponsel pintar, HP langsung merayu pasar dengan ponsel layar besar yang belakangan ini sedang tren. HP mengandalkan Slate 6 VoiceTab yang mengusung ukuran layar 6 inci dan beresolusi 1.280 x 780 pixel.

Slate 6 disebut HP sebagai perangkat phablet, atau sebuah perangkat yang ukurannya berada di antara ponsel dan tablet. Menurut lembaga riset GfK, sebuah perangkat bisa masuk kategori phablet jika ukuran layarnya berkisar 5,6 inci sampai 6,9 inci.

Ponsel ini menyediakan fitur kartu SIM ganda (GSM dan GSM) yang siaga secara bersamaan. Kinerjanya ditopang oleh prosesor quad-core Marvell PXA 1088 kecepata 1,2GHz, RAM 1GB, baterai 3.000mAh, dan memori internal 16GB yang dapat diperluas dengan kartu memori eksternal hingga 64GB.

Slate 6 beroperasi dengan sistem Android 4.3 (Jelly Bean) yang telah dimodifikasi dan ditambahkan fitur-fitur khas HP, salah satunya aplikasi e-print yang dapat menghubungkan ponsel dengan printer HP melalui jaringan nirkabel.

Dari sektor kamera, tersedia sensor 5MP di bagian belakang yang dilengkapi dengan lampu kilat LED, dan sensor 2MP di bagian depan.

Tablet

Selain phablet, HP juga masuk ke bisnis komputer tablet berukuran 7 inci melalui Slate 7 VoiceTab. Tablet ini tetap bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon dan mengirim SMS.

Spesifikasi komponen prosesor, RAM, dan memori internal, serta sistem operasi yang diusung tablet ini serupa dengan Slate 6 VoiceTab. Sensor kamera belakang dan depan pada Slate 7 juga serupa, hanya saja tablet ini tidak dibekali lampu kilat LED.

Perbedaan lainnya, Slate 7 VoiceTab memiliki bentang layar 7 inci beresolusi 1.280 x 800 pixel, dan baterai berkapasitas 4.100mAh.

Desain ikonik

Manager Pengembangan Bisnis Perangkat Tablet HP, Ellya mengatakan, debut HP di bisnis ponsel pintar dan tablet ditandai dengan cara unik, yaitu membuat sebuah perangkat yang memiliki desain ikonik.

"Kami ingin membuat phablet atau tablet yang memiliki desain khas, desain yang tidak terlihat sama dengan produk lain sehingga konsumen bisa mengenal dan mengingat baik produk kami," katanya dalam diskusi terbatas dengan sejumlah wartawan di Jakarta, Rabu (23/4/2014).

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com