Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Smartwatch, Bos Apple Pentingkan Kualitas

Kompas.com - 25/04/2014, 08:15 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - CEO Apple, Tim Cook dalam pidato laporan keuangan perusahaan di kuartal kedua tahun fiskal 2014 menegaskan bahwa fokus utama Apple adalah membuat perangkat yang berkualitas ketimbang perangkat yang laku di pasaran.

Komentar Cook tersebut adalah tanggapan dirinya tentang rival Apple, Samsung yang banyak merilis produk ke pasar, mulai dari smartphone untuk semua segmen kelas bawah, menengah, dan atas, hingga wearbale gadget yang terkesan terburu-buru dipasarkan.

"Kami lebih peduli terhadap detil, dan jika detil dan kualitas adalah yang utama, maka untuk mewujudkan hal tersebut akan membutuhkan waktu yang lama, itulah yang terjadi selama ini," ujar Cook menanggapi smartwatch Apple yang belum juga dirilis.

Dikutip dari Digital Trends (24/4/2014), pendapat Cook tersebut adalah alasan yang diberikan kepada para investor, mengapa Apple tak kunjung merilis jam tangan pintarnya.

Makin banyak vendor lain yang merilis wearable gadget tersebut, maka tekanan terhadap Apple untuk membuat jam tangan pintar yang lebih baik dan berkualitas juga semakin tinggi.

Cook juga mengambil contoh kasus-kasus sebelumnya, ketika Apple bukanlah perusahaan yang pertama kali memperkenalkan pemutar MP3, atau smartphone dan tablet. Namun, menurut Cook, Apple justru sukses di bidang tersebut.

"Tablet PC sudah mulai dipasarkan sekitar sepuluh tahun yang lalu, namun Apple menjadi perusahaan pertama yang sukses memasarkan tablet (iPad) modern, begitu juga untuk smartphone (iPhone) dan pemutar MP3 (iPod)," demikian terang Cook.

"Karena itulah, penting bagi kami untuk membuat produk yang berkualitas, ketimbang yang paling laku di pasaran," tegasnya.

Walau pendapat Cook tersebut nampaknya berlaku untuk hardware Apple, namun di sisi software, Apple juga pernah melakukan kesalahan saat merilis Apple Maps. Saat itu, produk tersebut terkesan belum siap manakala diluncurkan di tahun 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com