Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Beli Pembuat Aplikasi Kebugaran

Kompas.com - 25/04/2014, 14:33 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com - Facebook telah mengakuisisi ProtoGeo, sebuah perusahaan pembuat aplikasi mobile bernama Moves yang dapat melacak jumlah langkah pengguna dan mengukur kalori yang terbakar, Kamis (24/4/2014). Langkah ini membantu Facebook untuk masuk dalam teknologi pemantau kesehatan.

Perusahaan jejaring sosial itu tidak mengungkap nilai yang dikeluarkan untuk membeli ProtoGeo yang berasal dari Helsinki, Finlandia. Perusahaan yang baru berusia 2 tahun tersebut saat ini memiliki 10 karyawan.

Juru bicara Facebook mengatakan kepada Reuters, bahwa CEO ProtoGeo Sampo Karjalainen, telah bekerja di kantor pusat Facebook di Menlo Park, California, AS, mulai pertengahan April 2014.

Teknologi pemantau kebugaran manusia nampaknya akan menjadi tren di masa depan, karena manusia semakin memerhatikan kesehatan.

Perusahaan macam Fitbit, Jawbone, dan Nike, lebih dulu membuat perangkat gelang digital yang mampu mengukur aktivitas dan kebugaran penggunanya.

Nah, dengan mengakuisisi ProtoGeo, Facebook tak perlu lagi membuat perangkat gelang digital atau jam tangan pintar yang dapat memantau kebugaran pengguna. Facebook cukup membuat aplikasi yang terhubung dengan sensor di ponsel pintar atau gelang digital guna melacak detak jantung, mengukur jarak langkah, dan sebagainya.

ProtoGeo mengklaim Moves telah diunduh lebih dari 4 juta kali di iPhone dan Android.

Akuisisi menjadi langkah strategis Facebook dalam mendapatkan sebuah teknologi masa depan dan untuk memperkuat bisnis.

Akuisisi besar Facebook dalam industri teknologi dimulai ketika membeli Instagram pada April 2012 seharga 1 miliar dollar AS. Februari 2014, perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu mengakuisisi aplikasi pesan instan WhatsApp seharga 19 miliar dollar AS. Beberapa pekan kemudian, giliran produsen headset virtual reality Oculus VR dibeli seharga 2,3 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com