Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri Jejaring Sosial VKontakte Melarikan Diri

Kompas.com - 27/04/2014, 17:52 WIB

KOMPAS.com -- Pendiri situs jejaring sosial Rusia, VKontakte, melarikan diri ke luar negeri setelah dipaksa mundur dari jabatannya oleh badan keamanan.

Pendiri yang nama aslinya Pavel Durov itu mengatakan, sekutu-sekutu Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengambil alih jejaring sosialnya.

Durov (29) mengatakan sudah tidak berada di Rusia, tetapi tidak menyebut lokasi keberadaannya. Ia juga mengatakan tidak berencana kembali ke Rusia.

"Malangnya, negara itu tidak cocok bagi bisnis internet pada saat ini," tutur Durov seperti dikutip kantor berita AFP.

Ia mengaku telah digusur dari VKontakte setelah menolak mengungkap identitas para pengguna yang terlibat dalam penyelenggaraan protes pro-Uni Eropa di Ukraina.

Pendiri VKontakte tersebut sering dibandingkan dengan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. Di akun VKontakte, pada Senin (21/4/2014) malam, ia menulis bahwa ia baru mengetahui diusir dari perusahaannya lewat berita-berita di media.

Wartawan BBC di Moskwa, Tom Esslemont, melaporkan, VKontakte diperkirakan memiliki lebih dari 100 juta pengguna di wilayah bekas Uni Soviet.

Durov merupakan salah satu dari banyak warga Rusia, termasuk wartawan, aktivis, dan penentang Kremlin, yang memilih meninggalkan negara mereka di tengah pengetatan cengkeraman pihak berwenang atas kebebasan berekspresi. (BBC Indonesia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com