Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosesor 64-Bit untuk Android Murah Segera Hadir

Kompas.com - 01/05/2014, 21:59 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Ilustrasi chip MediaTek

KOMPAS.com - Perlahan tapi pasti, kehadiran prosesor-prosesor mobile 64-bit mulai terasa.

Sebuah kabar terbaru yang dilansir oleh PhoneArena menyebutkan bahwa salah satu produsen chip mobile, MediaTek, berencana dua jenis prosesor 64-bit pada kuartal mendatang, atau menjelang pertengahan tahun ini.

Dua chip 64-bit tersebut terdiri dari model MT6732 dengan empat inti (quad-core) serta sebuah lagi bernama MT6752 yang dilengkapi delapan buah inti (octa-core).

Masih belum jelas produsen gadget mana yang akan memakai prosesor-prosesor 64-bit bikinan MediaTek di produknya.

Yang jelas, pabrikan chip ini dikabarkan menyasar segmen perangkat menengah dan low-end dengan duet prosesor 64-bit itu, seperti yang selama ini biasa dilakukan.

Di samping MediaTek, beberapa produsen chip lain telah mengumumkan kehadiran atau rencana membuat prosesor mobile 64-bit masing-masing.

Para produsen ini termasuk Samsung, Nvidia, Intel, dan Qualcomm yang sempat mengomentari teknolog 64-bit sebagai sekedar gimmick, sebelum akhirnya berputar haluan.

Trend arsitektur 64-bit di prosesor mobile dipicu oleh Apple yang memperkenalkan prosesor mobile 64-bit pertama (A7) pada iPhone 5S, September tahun lalu. Semenjak itu, produsen-produsen chip lain berlomba menelurkan produk serupa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com