Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba Jam Tangan Android Kitkat

Kompas.com - 05/05/2014, 11:12 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com -- Speedup Smartwatch merupakan wearable device berupa jam tangan pintar dari vendor lokal Indonesia yang pertama kali diperkenalkan pada ajang Mobile World Congress 2014 di Barcelona, Spanyol, menjelang akhir Februari. Pertengahan Maret lalu, Speedup Smartwatch memasuki pasar Indonesia dengan banderol harga Rp 1,5 juta.

Perangkat ini menggunakan sistem operasi Android 4.4 "Kitkat" dan mampu terhubung ke smartphone Android atau iOS melalui Bluetooth. Pengguna cukup mengunduh aplikasi Speedup Smartwatch dari toko aplikasi lalu melakukan sinkronisasi lewat program tersebut.

Dengan terkoneksi ke smartphone, Speedup Smartwatch bisa meneruskan berbagai informasi dan notifikasi yang diterima oleh ponsel, seperti keterangan cuaca, pesan masuk di aplikasi instant messaging, serta SMS. Kendati demikian, perangkat ini tak mesti disambungkan dengan smartphone dan bisa berfungsi secara mandiri, layaknya jam tangan biasa yang diimbuhi sejumlah fitur ekstra.

Fitur ekstra dimaksud meliputi tambahan aneka widget yang berkorelasi dengan peran Speedup Smartwatch sebagai wearable device. Misalnya, ada widget bertema kesehatan yang mampu mengukur hal-hal seperti jumlah langkah kaki pengguna dalam sehari dan perkiraan jumlah kalori yang dibakar.

Penampilan Speedup Smartwatch sendiri relatif sederhana dengan desain yang simpel dan minim tombol layar. Seperti apa? Ikuti hasil penelusuran singkat Kompas Tekno dalam deretan foto berikut ini.

oik yusuf/ kompas.com
Speedup Smartwatch dan kotak kemasannya.
oik yusuf/ kompas.com
Speedup Smartwatch, direntangkan.
Keseluruhan bagian jam terlihat ketika dibentangkan. Speedup Smartwatch menggunakan sabuk berbahan karet elastis yang terasa kesat di tangan. Demikian pula dengan tombol-tombol dan tubuh jam di sekeliling layar yang dilapis material serupa.

oik yusuf/ kompas.com
Bagian belakang Speedup Smartwatch.
oik yusuf/ kompas.com
Dua tombol navigasi di sisi kanan Speedup Smartwatch.
Hanya ada dua tombol yang tersedia, yaitu tombol Power dan Return. Selain dengan menekan tombol Return, untuk kembali ke layar sebelumnya, pengguna bisa menyapukan dua jari dari atas layar ke arah bawah.

oik yusuf/ kompas.com
Aksesori babel USB-audio 3,5 mm.
Speedup menyertakan sebuah kabel USB ke jack audio 3,5mm untuk keperluan pengisian baterai lewat konektor yang tersedia pada jam. Kabel ini cukup dihubungkan ke laptop atau adapter USB yang banyak tersedia.

Daya tahannya sendiri diklaim bisa mencapai waktu dua hari, tetapi itu juga tergantung dari pemakaian. Di tangan KompasTekno, perangkat ini bisa bertahan setidaknya selama satu hari penuh dengan pemakaian casual, sesekali melongok jam dan notifikasi.

oik yusuf/ kompas.com
Sebuah widget akan membantu pengguna memantau kapasitas baterai.
oik yusuf/ kompas.com
Speedup Smartwatch saat dikenakan di tangan.
Begitu dikenakan di tangan, bagian layar Speedup Smartwatch terlihat mendominasi. Jam tangan ini memiliki sertifikat anti-air IP57 sehingga aman dipakai dalam kondisi hujan atau basah, tetapi ia tak dirancang untuk dipakai berenang.

oik yusuf/ kompas.com
Memakai Speedup Smartwatch.
Navigasi cukup mudah dilakukan, cukup dengan menyapu jari ke arah kanan dan kiri untuk menjelajahi widget dan aplikasi dalam app drawer. Setiap layar bisa memuat hingga empat icon.

Untuk menyalakan layar, pengguna bisa menekan tombol power atau memutar jam kira-kira sebanyak 45-60 derajat searah jarum jam. Gyrometer yang tertanam di dalamnya secara otomatis akan menyalakan layar (ada jeda waktu lebih kurang 1 detik) sehingga pengguna bisa melihat jam dengan mudah, ketika kedua tangan sedang sibuk memegang gelas, misalnya.

Dalam praktiknya, hal ini terasa sedikit mengganggu karena jam akan otomatis menyala sendiri secara berulang-ulang ketika ditempatkan dalam posisi tertentu, misalnya seperti terlihat dalam foto di bagian paling atas dari artikel ini. Atau ketika pengguna memiringkan tangan tanpa maksud melihat jam, seperti ketika bertolak pinggang.

Di samping memboroskan baterai, hal tersebut juga membuka kemungkinan kesalahan input karena fungsi touchscreen turut diaktifkan begitu layar menyala.

oik yusuf/ kompas.com
Dua pilihan tampilan jam pada Speedup Smartwatch. Ada banyak pilihan lainnya yang disediakan.
Soal layar itu sendiri, Speedup Smartwatch menyediakan display berbentuk persegi dengan resolusi 240x240. Tampilannya tak terlalu tajam dan cenderung pixelated, tetapi masih bisa menampilkan teks dengan jelas.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com