Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dianggap Milik Yahudi, WhatsApp "Haram" di Iran

Kompas.com - 06/05/2014, 09:46 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber foxnews

KOMPAS.com - Pemerintah Iran pada Senin (5/5/2014) lalu mengambil kebijakan untuk melarang warga negaranya menggunakan layanan pesan instan WhatsApp. Diduga, Mark Zuckerberg, CEO Facebook, yang membeli WhatsApp sebagai penyebabnya.

Menurut Fox News (4/5/2014), rezim Iran yang saat ini berkuasa mengatakan bahwa WhatsApp kini dimiliki oleh seorang keturunan Yahudi, setelah Zuckerberg melalui Facebook mengakuisisi WhatsApp dua bulan lalu, dengan harga 19 miliar dollar AS.

"Alasan pelarangannya adalah asumsi bahwa WhatsApp kini dimiliki oleh pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, yang merupakan seorang zionis Amerika," ujar Kepala Komite Kejahatan Internet Iran Abdolsamad Khorramabadi.

Namun, selain isu zionisme, langkah yang diambil oleh pemerintah Iran tersebut dianggap sebagai bentuk ketakutan mereka terhadapa kekuatan media sosial.

Salah seorang bloger Iran mengatakan kepada Fox News bahwa Garda Revolusi melihat bahwa situs jejaring sosial sebagai ancaman.

"Pemerintah takut karena banyak pemuda Iran yang bisa bertukar informasi secara cepat," ujar bloger yang tidak ingin disebutkan namanya tersebut. "Khameini dan kroninya menyadari kekuatan ini setelah munculnya Green Movement," imbuhnya.

Green Movement atau juga disebut Twitter Revolution adalah protes yang dilakukan warga Iran pada Juni 2009 lalu. Protes ini digerakkan melalui jejaring sosial Twitter yang menentang hasil keputusan Pemilu Iran yang saat itu dimenangi oleh Mahmoud Ahmadinejad.

Warga Iran lebih mendukung kandidat dari partai oposisi, yaitu Hossein Mousavi dan Mehdi Karroubi. Protes yang terjadi di kota-kota besar Iran itu membuka mata dunia akan kekuatan jejaring sosial.

Twitter dan Facebook, media sosial yang digunakan untuk menggalang kekuatan protes, sejak saat itu mulai dilarang penggunaannya oleh pemerintah Iran.

Walau menuai kesuksesan, namun WhatsApp sering dijadikan sebagai kambing hitam, seperti yang terjadi di Timur Tengah. Pada Februari lalu, WhatsApp dituding oleh seorang rabi Israel sebagai penyebab utama hancurnya bisnis dan rumah-rumah warga Yahudi.

WhatsApp sendiri sudah memiliki 500 juta pengguna aktif global dan telah melayani 700 juta foto dan 100 juta video setiap harinya.

Pihak WhatsApp dan Facebook belum mengeluarkan pernyataan resmi mereka atas pemblokiran aplikasi mereka di Iran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber foxnews
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com