Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android KitKat Belum Sampai 10 Persen

Kompas.com - 06/05/2014, 14:49 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Walau sistem operasi Android menjadi sistem operasi mobile yang paling populer, namun adopsi versi terbarunya, KitKat masih tergolong rendah. Hingga setengah tahun setelah dirilis, pengguna KitKat masih di bawah 10 persen.

Menurut data yang dirilis oleh Google, semenjak diluncurkan pada Oktober tahun lalu, pengguna smartphone Android dengan OS 4.4 KitKat di dunia masih berkisar 8,5 persen.

Data tersebut dirilis pada April tahun lalu yang membuat peringkat sistem operasi Android 2.2 (Froyo) ke atas hingga versi 4.4 yang terdaftar di server Google.

Walau masih tergolong sedikit, namun pertumbuhan KitKat tergolong tinggi. Pada Januari 2014 lalu, populasi KitKat baru sebanyak 1,4 persen pengguna Android. Dalam jangka tiga bulan, jumlahnya telah melonjak menjadi 8,5 persen.

Rendahnya adopsi KitKat ini disebut oleh Mashable, Senin (5/5/2014) dikarenakan strategi Google yang menyerahkan update Android kepada para pabrikan dan operator seluler, sehingga pengguna seringkali harus menunggu lama.

Google
Jumlah pengguna OS Android berbagai versi hingga April 2014

Berbeda dengan Apple, perusahaan yang berbasis di Cupertino, AS itu merilis update sistem operasi iOS-nya langsung untuk semua perangkatnya.

Android versi Jelly Bean (4.1.x) yang dirilis tahun 2012 masih menjadi versi Android yang paling populer. Jumlah penggunanya di seluruh dunia mencapai 61 persen secara kesleuruhan.

Sementara Gingerbread yang telah berusia tiga tahun masih digunakan oleh sekitar 15 persen pengguna smartphone Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com