Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembuat "Angry Birds" Bikin Game Mirip "Flappy Bird"

Kompas.com - 07/05/2014, 16:16 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Pembuat game Angry Birds, Rovio Entertainment Ltd. meluncurkan game baru. Berbeda dari genre Angry Birds sebelumnya, game baru ini terinspirasi dari game flash populer, Flappy Bird.

Semenjak fenomena Flappy Bird beredar, banyak pengembang aplikasi game kecil yang membuat tiruannya dan berharap meraih kesuksesan yang sama. Namun hingga kini, belum ada studio game besar yang membuat tiruan Flappy Bird.

Game baru yang dirilis Rovio berjudul Retry  saat ini baru tersedia untuk platform iOS dan terbatas di wilayah Finlandia, Kanada, dan Polandia saja.

Dilansir dari Phone Arena (6/5/2014), walau bukan merupakan kloningan Flappy Bird sepenuhnya, namun siapa saja yang melihat gameplay Retry pasti mengetahui, jika game ini terinspirasi dari Flappy Bird.

Dalam Retry, pemain diharuskan menerbangkan sebuah pesawat kecil menghindari sejumlah rintangan dengan melakukan tapping di layar.

Retry tidak sepenuhnya dikembangkan oleh Rovio, namun melalui salah satu tim yang dimiliki, yaitu LVL11 yang juga sedang menguji beberapa game lainnya. LVL11 menjanjikan game ini juga akan segera tersedia di platform Android.

Rovio memang sedang berupaya mengenjot pendpatan perusahaan. Selain merilis game-game spin off seperti "Angry Birds Go!," membuat jenis game baru juga menjadi salah satu strateginya.

Chief Executive Roxio, Mikael Hed mengatakan bahwa saat ini Rovio sedang mengubah model pendapatan perusahaan Finlandia tersebut. Salah satunya adalah mengadopsi model bisnis freemium untuk game-gamenya.

Selain itu, Rovio juga berusaha merambah bisnis hiburan dengan membuka theme park, dan terjun ke Hollywood dengan membuat film adaptasi dari karakter Angry Birds.

Film yang diproduksi dan dibiayai oleh Rovio tersebut akan didistribusikan oleh Sony Pictures, dan dirilis pada tahun 2016 nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com