Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Pengguna Internet Capai 3 Miliar

Kompas.com - 08/05/2014, 11:14 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Hingga akhir tahun 2014 nanti, jumlah pengguna internet di seluruh dunia diprediksi akan mencapai 3 miliar. Dua pertiganya berasal dari penduduk di negara-negara berkembang.

Hal tersebut disampaikan oleh International Telecomunications Union (ITU) dalam laporan terbarunya.

Dikutip dari The Verge, Kamis (8/5/2014), jumlah 3 miliar tersebut sudah sama dengan 40 persen populasi penduduk Bumi. Prediksi tersebut juga berdasar pada jumlah pengguna internet tiga bulan terakhir, bukan jumlah pengguna yang telah memiliki akses internet sebelumnya.

Menurut ITU, penetrasi internet sudah mencapai titik jenuh di negara maju, sementara di negara-negara berkembang, penetrasi internet sedang melaju kencang.

Sebagai perbandingan, hingga akhir 2014 nanti, tiga dari empat penduduk Eropa akan menggunakan internet, sementara di Amerika perbandingannya menjadi dua berbanding tiga, di Asia adalah satu berbanding tiga. Sementara di Afrika, perbandingannya baru 1 berbanding lima.

Adopsi internet mobile juga diprediksi akan melaju kencang. ITU meramalkan akan ada 2,3 miliar pelanggan internet mobile hingga akhir tahun ini.

Dengan berdasar data tersebut, ITU meyakini jumlah pengguna internet di dunia akan berkembang lebih pesat dari yang diprediksi sebelumnya.

Dari survei yang dilakukan Cisco sendiri terungkap bahwa jumlah perangkat yang terhubung dengan internet akan mencapai 10 miliar tahun ini, dan melonjak hingga 50 miliar pada 2020 nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com