Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Paling Memuaskan, iPad atau Galaxy Tab?

Kompas.com - 08/05/2014, 15:30 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com - Komputer tablet Apple iPad dikepung oleh para kompetitornya yang memakai sistem operasi Android. Kendati demikian, hal itu tidak menggoyang posisi iPad sebagai tablet yang paling memuaskan bagi konsumen.

Menurut penelitian yang dilakukan J.D. Power terhadap konsumen di Amerika Serikat, iPad mendapat skor tertinggi sebesar 830. Tablet iPad paling memuaskan di segala faktor, kecuali pada faktor biaya.

Samsung menempati peringkat kedua tablet paling memuaskan dengan skor 822 dan mencapai nilai di atas rata-rata dalam fitur, styling, desain, dan faktor biaya.

Selain kedua merek tersebut, tablet yang dinilai konsumen paling memuaskan adalah milik Asus, Amazon, dan Acer.

J.D. Power Studi J.D. Power tentang kepuasan konsumen tablet di Amerika Serikat pada tahun 2014 (Volume 1)
Harga yang lebih rendah merupakan alasan utama sekitar 25 persen konsumen dalam memilih tablet. Keputusan konsumen dalam memilih tablet berdasarkan harga ini telah meningkat, dari 42 persen dalam waktu enam bulan lalu.

Meskipun harga jadi faktor penting, tetapi konsumen tetap mempertimbangkan reputasi merek. Sebesar 50 persen konsumen mengatakan bergantung pada reputasi merek. Selain itu, keputusan konsumen membeli merek sebuah tablet juga dipengaruhi oleh informasi yang disampaikan pada situs web produsen (47 persen) dan rekomendasi dari teman, keluarga, atau kolega (46 persen).

Studi kepuasan konsumen tablet di Amerika Serikat pada tahun 2014 ini melibatkan 2.513 pemilik tablet yang memakai perangkat tersebut kurang dari setahun. Penelitian ini dilakukan dari September 2013 hingga Februari 2014, yang mengukur lima faktor, yaitu kinerja, kemudahan mengoperasikan, fitur, gaya dan desain, serta biaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com