Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Mini Microsoft Pakai Prosesor Qualcomm

Kompas.com - 10/05/2014, 13:39 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Perangkat tablet Surface buatan Microsoft sudah dikabarkan akan dibuat versi yang lebih kecilnya semenjak dua tahun yang lalu. Tak lama lagi, penantian tersebut akan segera berakhir.

Microsoft rencananya akan memperkenalkan tablet Surface terbarunya dalam sebuah acara, 20 Mei 2014 nanti, di New York, Amerika Serikat.

Seperti dikabarkan oleh Bloomberg (6/5/2014), tablet Surface Microsoft versi kecil ini juga untuk pertama kalinya akan menggunakan prosesor Qualcomm. Dengan demikian, Microsoft tidak lagi bekerjasama dengan Nvidia sebagai pemasok chip Surface.

Prosesor Snapdragon buatan Qualcomm saat ini memang banyak digunakan berbagai produsen perangkat smartphone, termasuk Samsung Electronic dengan lini Galaxy-nya. Namun, di sisi tablet, Qualcomm belum memiliki kesuksesan seperti di segmen smartphone, karena belum bisa menyaingi dominasi Apple dengan iPad-nya.

Surface versi mini yang akan dirilis Microsoft dikabarkan akan memiliki ukuran layar unik, 7,5 inci dengan resolusi 1440 x 1080 pixel, rasio aspek 4:3. Dengan demikian, bentuknya akan lebih menyerupai iPad dibanding tablet Surface sebelumnya dengan rasio aspek 16:9.

Banyak pertanyaan dan spekulasi yang beredar tentang bentuk layar yang dipilih Microsoft. Menjawab soal tersebut, Microsoft mengatakan bahwa ke depannya akan ada tablet Surface dengan rasio aspek yang berbeda-beda.

Tablet Surface versi kecil akan menjalankan sistem operasi Windows RT alih-alih Windows 8. Karena itu, layaknya Microsoft Surface RT dan Surface 2, tablet tersebut bakalan tidak bisa menjalankan software lawas untuk Windows versi desktop.

Menurut sumber internal Microsoft kepada Bloomberg, selain merilis Surface versi kecil, Microsoft juga akan menampilkan tablet Surface yang dilengkapi dengan prosesor Intel. Surface sebelumnya menggunakan chip buatan Nvidia yang menggunakan teknologi ARM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com