Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Beli Aplikasi Penerjemah "Augmented Reality"

Kompas.com - 19/05/2014, 10:17 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Potongan video demonstrasi kemampuan World Lens dari Quest Visual

KOMPAS.com - Google telah mengakuisisi Quest Visual, perusahaan di balik aplikasi penerjemah mobile World Lens.

Dikutip dari PC Magazine, besarnya nilai pembelian tidak diungkapkan, namun Quest Visual menyatakan bahwa teknologinya "akan digabungkan dengan layanan penerjemah bahasa Google Translate yang memiliki kapabilitas penerjemahan dan dukungan bahasa yang luas".

Aplikasi World Lens besutan Quest Visual memungkinkan pengguna perangkat Android atau iOS mengarahkan kamera ponsel mereka ke serangkaian kata-kata dalam bahasa asing yang tidak dimengerti -misalnya pada penunjuk jalan- lalu menerjemahkannya secara real time.

World Lens yang memanfaatkan teknologi "Augmented Reality" mampu bekerja secara offline tanpa butuh koneksi internet. Aplikasi ini bisa menerjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa kedua dan sebaliknya.

Ada beberapa  pilihan bahasa kedua yang disediakan dalam paket terpisah, termasuk bahasa Rusia, Perancis, Spanyol, Italia, dan Jerman.

Aplikasi ini juga bisa dipakai dengan Google Glass sehingga turut menimbulkan dugaan bahwa Google akan menambahkan kemampuan penerjemahan secara real time pada kacamata pintar itu.

Setelah pengumuman akuisisi Google, Quest Visual mengatakan bahwa aplikasi World Lens berikut paket-paket bahasa pendampingnya kini bisa diperoleh secara cuma-cuma di toko aplikasi masing-masing platform. Sebelumnya, Quest Visual menarik bayaran setiap kali pengguna mengunduh aplikasi World Lens.

Seperti apa aplikasi World Lens yang baru dibeli oleh Google ini? Simak kemampuannya dalam video di bawah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com