Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Edward Snowden Dibuat Komik

Kompas.com - 21/05/2014, 11:09 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Kisah pelarian Edward Snowden, dan dokumen-dokumen rahasia yang dibocorkannya menarik penerbit Bluewater Production untuk mengakatnya ke dalam versi cerita bergambar atau komik.

Dalam situs resminya, Bluewater Production mencoba untuk menggali siapa sebenarnya sosok Edward Snowden dan apa yang memotivasinya membocorkan informasi-informasi rahasia pemerintah AS.

Komik dengan judul Beyond: Edward Snowden tersebut ditulis oleh Valerie D'Orazio, penulis cerita karakter X-Men dan Punisher dalam komik Marvel, dan mulai diterbitkan pada Rabu (21/5/2014) baik dalam versi cetak maupun format digital.

"Bekerja dengan Bluewater dalam komik ini menjadi pengalaman sekali seumur hidup yang berharga, bagaimana memunculkan publik figur yang mengagumkan itu dalam komik senyata mungkin," ujar D'Orazio.

Sementara itu, untuk urusan gambar, Bluewater Productions menggandeng artis Dan Lauer. "Bekerja dalam proyek ini menguji keterampilan saya, baik dalam bercerita maupun menggambar," ungkap Lauer.

D'Orazio juga bercerita bahwa sebelumnya komik tersebut akan dijadikan buku biografi lengkap. Namun perkembangan cerita yang terjadi membuatnya lebih seperti drama.

Menurut D'Orazio, seperti dikutip dari The Verge (19/5/2014), cerita Snowden ini menjadi jembatan yang ideal bagi para penggila kultur geek dan mainstream, karena Snowden sendiri muncul dari kultur geek.

Sebagaimana diketahui, Snowden di masa remajanya hidup dengan berjualan produk-produk anime dan manga. Kemudian, ia bergabung dengan National Security Agency (NSA), sebelum akhirnya memutuskan untuk menjadi whistleblower.

Kisah Edward Snowden sendiri tidak hanya akan muncul di versi komik, namun juga di layar lebar. Awal Mei ini, Sony Pictures mengumumkan akan membuat film tentang Snowden.

Film tersebut berdasar pada buku yang berjudul No Place to Hide: Edward Snowden, the NSA, and the US Surveillance State, karangan Glenn Greenwald, dan akan diproduseri oleh Michael G. Wilson dan Barbara Broccoli yang sukses dengan film-film James Bond.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com