Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surface Pro 3 Coba Lawan iPad dan MacBook

Kompas.com - 22/05/2014, 13:04 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com - Microsoft telah meluncurkan komputer tablet Surface Pro 3 dengan ukuran lebih besar dari generasi sebelumnya, Selasa (20/5/2014). Perangkat ini diharapkan bisa menjadi pesaing bagi dua produk Apple sekaligus, yaitu laptop MacBook Air dan tablet iPad.

Tablet Surface Pro 3 hadir dalam 3 model dengan ukuran layar 12 inci, jauh lebih besar dari iPad yang berukuran 9,7 inci, namun lebih kecil dibandingkan MacBook Air ukuran 13 inci. Produk Surface Pro 3 dijual dengan beragam perbedaan prosesor, RAM, dan memori internal, mulai dari 799 hingga 1.949 dollar AS.

Pihak Microsoft berkali-kali menegaskan bahwa Surface Pro 3 yang berbobot 0,45 kg lebih ringan dibandingkan MacBook Air, bahkan ketika tablet itu dipasangkan papan ketik (keyboard).

Dalam presentasi di New York, Amerika Serikat, CEO Microsoft Sayta Nadella mengatakan, pihaknya berkomitmen membuat perangkat komputer sendiri. “Kami tidak membangun hardware demi hardware. Kami ingin membangun pengalaman yang mempertemukan semua kemampuan perusahaan kami,” ujar Nadella, seperti dikutip dari Reuters.

Menurut analis analis Jack Gold dari J. Gold Associates, Surface Pro 3 ini berusaha menggantikan laptop, serta memperluas penggunaan tablet. Namun, dalam hal ini Microsoft dinilai lebih menyerang MacBook Air, bukan iPad.

“Microsoft nampaknya memahami produknya tidak bisa bersaing langsung dengan Apple iPad, dan harus menawarkan perangkat bisnis yang superior,” ujar Jack.

Setelah mengakuisisi unit bisnis ponsel Nokia dan menamakan divisi tersebut dengan Microsoft Mobile, perusahaan tersebut berusaha menjadi produsen perangkat keras. Namun, sejauh ini baru konsol game Xbox yang dinilai sukses.

Tablet Surface selama ini hanya dijual di pasar Amerika Serikat, dan banyak ditentang oleh perusahaan pembuat komputer Windows lainnya. Sementara ponsel merek Nokia dengan sistem operasi Windows Phone dinilai belum bisa melawan kekuatan Android dan Apple iOS.

Surface Pro 3 berjalan dengan sistem operasi Windows 8.1. Layar 12 inci tablet itu mengemas resolusi 2.160 x 1.440 pixel dengan kerapatan 216 pixel per inci (ppi).

Tersedia dalam pilihan prosesor Intel Core generasi keempat (Haswell), baik Core i3, Core i5, dan Core i7, kapasitas memori internal dari 64GB hingga 512GB, dan RAM 4GB atau 8GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com