Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir 2014, Lenovo Ramaikan Ponsel Windows Phone

Kompas.com - 24/05/2014, 12:10 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com - Pada Februari lalu, Microsoft mengumumkan bahwa ekosistem Windows Phone akan didukung oleh produsen ponsel asal India dan Tiongkok, salah satunya Lenovo. Lenovo menjanjikan ponsel berbasis Windows Phone buatannya akan dirilis sebelum akhir tahun 2014.

Presiden Divisi Produk Ponsel Lenovo, Lui Jun, mengatakan bahwa ponsel itu akan berjalan dengan sistem operasi Windows Phone terbaru, yaitu versi 8.1.

Seperti dikutip dari situs teknologi MobileGeeks asal Jerman, besar kemungkinan Lenovo akan masuk ke segmen pasar menengah, dengan membuat ponsel berukuran layar 4,5 inci dan 5 inci yang memakai prosesor Qualcomm Snapdragon 400.

Dukungan Lenovo terhadap Windows Phone akan membuat Microsoft senang, karena Lenovo selama ini dikenal sebagai pemain baru yang agresif di bisnis ponsel pintar. Ponsel Lenovo juga populer di pasar Tiongkok yang notabene merupakan pasar penting bagi Microsoft.

Selama ini ponsel Windows Phone didominasi oleh merek Nokia. Produsen yang sebelumnya mendukung Windows Phone, termasuk Samsung dan HTC, hingga kini belum meluncurkan lagi ponsel terbaru berbasis Windows Phone. Keduanya fokus mengembangkan ponsel Android.

Sementara itu, Lenovo sedang berusaha memperkuat bisnis ponsel pintarnya dengan mengakuisisi Motorola Mobility dari Google. Perusahaan asal Tiongkok itu harus mengeluarkan dana 2,91 miliar dollar AS (sekitar Rp 35 triliun) untuk mendapatkan Motorola, namun saat ini masih menunggu restu dari regulator masing-masing negara.

Produk dan merek Motorola akan dimanfaatkan Lenovo untuk bersaing di pasar negara maju, termasuk Amerika Serikat yang merupakan negara asal Motorola.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com