Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google akan Pasang Iklan di Kulkas dan "Smartwatch"

Kompas.com - 26/05/2014, 08:04 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Cetakan-cetakan batik cap aneka pola menghiasi logo Google di kantornya di Indonesia

KOMPAS.com - Iklan adalah bisnis utama bagi Google. Di masa depan, raksasa mesin pencari tersebut tak hanya menampilkan iklan di komputer pribadi ataupun perangkat mobile, namun mereka juga merambah perangkat "pintar" lain.

"Beberapa tahun dari sekarang, kami dan perusahaan-perusahaan lain bisa menyalurkan iklan dan konten lain di kulkas, dashboard mobil, termostat, kacamata, dan jam tangan," tulis Google dalam sebuah surat yang dilayangkan ke Securities and Exchange Commission (SEC), badan pemerintah AS yang mengatur pasar modal, sebagaimana dikutip Business Insider.

Surat itu ditujukan sebagai jawaban atas pertanyaan SEC mengenai keengganan Google memberitahukan pendapatan dari bisnis mobile kepada investor.

Google beralasan arus pemasukan dari mobile sulit dijabarkan karena definisi "mobile" akan terus berubah seiring dengan semakin banyaknya jenis perangkat pintar baru.

"Kami memperkirakan bahwa pengguna akan menggunakan layanan dan melihat iklan kami lewat perangkat yang lebih beragam di masa depan, maka sistem iklan kami akan semakin tidak bergantung pada jenis perangkat," lanjut Google.

Google menampik kemungkinan penayangan iklan lewat perangkat bikinan Nest Labs, perusahaan rintisan (startup) pembuat termostat pintar dan pendeteksi asap yang diakuisisi Google senilai 3,2 miliar dollar AS awal tahun ini.

"Nest… tidak memiliki model bisnis berbasis iklan dan tak berencana melangkah ke arah itu," tulis Google.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com