Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menghadirkan “Meaningful Play” Melalui “Good Game”

Kompas.com - 26/05/2014, 11:41 WIB
KOMPAS.com - Tangal 23-25 Mei 2014 berlangsung Korea Good Game Show 2014 selama 3 hari penuh. Walaupun Korea cukup dikenal sebagai pasar populer untuk online game, melalui acara ini pemerintah Korea Selatan sepertinya merasa perlu untuk lebih memotivasi tumbuh kembangnya industri game lokal yang memiliki dampak positif bagi masyarakat.

Dari sejak pertama pelaksaannya pada tahun 2009 (sebelumnya bermana Korea Serious Game Show), acara ini terus mengalami peningkatan peserta maupun pengunjung. Bahkan data yang ada juga menunjukkan bahwa acara ini mampu mendorong tingkat ekspor dari industri kreatif digital Korea.

Dengan fokus untuk menghadirkan game-game yang sehat dan berpotensi positif, Korea Good Game Show menjadi salah satu acara keuarga yang menarik. Memadukan berbagai jenis permainan dari mulai permainan digital, tabletop (board game dan card game), dan permainan fisik, Korea Good Game Show layak menjadi sebuah referensi untuk bisa menghadirkan sebuah acara game yang berkualitas.

Segitiga.net
Eko Nugroho, CEO dan co-founder Kummara yang juga dikenal sebagai inisiator Indonesia Bermain, memaparkan idenya tentang “Designing Meaningful Play” di panggung internasional Serious Games Conference, Korea.
Untuk pertama kalinya pembicara dari Indonesia hadir di panggung internasional Serious Games Conference. Eko Nugroho, CEO dan co-founder Kummara yang juga dikenal sebagai inisiator Indonesia Bermain memaparkan idenya tentang “Designing Meaningful Play”.

Dalam sesi presentasinya, Eko menampilkan beberapa aspek penting dalam game design untuk bisa menghadirkan “good game“, atau game-game yang mampu menghadirkan pengalaman bermain yang optimal. Sebuah good game umumnya memiliki 3 karakteristik utama: menyenangkan, unik, dan pemain merasa setiap aksinya berarti. Adalah tugas seorang game designer untuk kemudian mengkombinasikan semua elemen utama dalam game: objektif, gameplay, narasi, dan teknologi untuk bisa menghadirkan game dengan 3 karakteristik tersebut.

Sebuah good game adalah salah satu bahan utama untuk menghadirkan meaningful play, yaitu aktivitas bermain yang memberikan lebih dari sekedar pengalaman bermain yang menyenangkan. Ada banyak good game yang telah dikembangkan dan siapapun kemudian bisa menghadirkan meaningful play.

Namun Eko juga menjelaskan ada 4 hal dasar yang perlu diingat::

  • Bahwa game bukanlah sebuah kotak ajaib yang bisa menyelesaikan semua masalah, dan juga bukan sebuah penyebab masalah. Game punya potensi dan tetap kita yang harus mengoptimalkannya.
  • Sulit untuk menemukan game yang disukai oleh semua orang. Untuk itu yang perlu dilakukan adalah memperbayak variasi dan pengetahuan kita tentang game.
  • Persiapan bermain adalah penting dan jadi bagian yang juga perlu dinikmati.
  • Kegembiraan sebaiknya tidak berhenti ketika game selesai. Upayakan untuk selalu membangun komunikasi dan diskusi setelah aktivitas bermain.
Eko menutup presentasinya dengan mengajak semua pihak untuk sama-sama mengembangkan sebanyak mungkin good game, menghadirkan meaningful play, dan mengoptimalkan potensi game untuk berbagai hal positif.

Artikel ini merupakan bagian dari seri Serious Gaming yang sebelumnya telah dimuat di Segitiga.net. Segitiga.net merupakan salah satu rekanan sindikasi konten dari KompasTekno.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com