Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game untuk Pendidikan, Indonesia Jangan Tertinggal

Kompas.com - 28/05/2014, 14:23 WIB
KOMPAS.com - Game sebagai sebuah media saat ini telah diimplementasikan di beberapa bidang, termasuk pendidikan. Implementasi game dalam pendidikan dikatakan mampu menawarkan metode belajar yang inovatif dan efektif. Didukung dengan konten dan penyampaian yang tepat, bukan tidak mungkin game untuk pendidikan (edugame) kemudian menjadi metode pembelajaran di masa depan.

Bukti dari contoh implementasi game dalam pendidikan ini yang menjadi pembahasan utama dari Ivan Boo, Secretary dan pendiri dari Serious Games Association (Singapore). Dalam Serious Games Conference 2014 di Korea Selatan, Ivan Boo memberikan presentasi terkait kompetisi internasional serious game Aqua Republica, berjudul The Eco Challenge.

Mampukah Siswa Belajar Lewat Game?

Aqua Republica, game yang dikompetisikan dalam The Eco Challenge, adalah sebuah game yang didesain khusus untuk memberikan pengetahuan terkait pentingnya pengelolaan sumber daya air. Game ini didukung penuh oleh UNEP-DHI, sebuah badan internasional di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang fokus pada sektor air dan lingkungan. Kompetisi inipun telah menjadi program resmi dari UNESCO.

Tahun 2014 merupakan tahun kedua pelaksanaan kompetisi ini dan terjadi peningkatan besar dari jumlah peserta serta negara yang berpartisipasi. Ivan menjelaskan bahwa tantangan terbesar adalah mengajak para guru untuk mengikutsertakan anak didiknya untuk mengikuti kompetisi ini.

Perspektif negatif terhadap game yang dimiliki guru dan orang tua di banyak negara masih sangat tinggi. Namun demikian ada optimisme besar hal tersebut akan lebih baik karena guru dan siswa yang berpartisipasi pada kompetisi tahun ini umumnya tertarik untuk kembali berpartisipasi pada tahun berikutnya.

Hal lain yang juga menarik adalah konsep penyelenggaraan yang tidak membebani para guru. Para guru tidak perlu ikut menjelaskan keseluruhan game pada murid-muridnya dan hanya berperan sebagai fasilitator. Hal ini menjadi penting karena kemudian guru bisa melihat potensi game untuk bisa membantu mereka menjalankan perannya dengan optimal.

Pemenang kompetisi The Eco Challenge tahun ini adalah siswa dari Hong Kong. Selain hadiah uang tunai dan tropi, mereka juga diundang dan difasilitasi untuk hadir di acara Serious Games Conference Korea 2014.

Di kesempatan terpisah, secara khusus Ivan juga mengkonfirmasi bahwa untuk 2015 kompetisi internasional serious game Aqua Republica, The Eco Challenge akan dihadirkan di Indonesia dan menyatakan Segitiga.Net menjadi official organizer dari acara tersebut.

Artikel ini merupakan bagian dari seri Serious Gaming yang sebelumnya telah dimuat di Segitiga.net. Segitiga.net merupakan salah satu rekanan sindikasi konten dari KompasTekno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com