Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembelian Beats oleh Apple Ancam Pendapatan Artis

Kompas.com - 30/05/2014, 13:18 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Apple telah mengonfrmasi niatnya untuk membeli Beats dengan nilai 3 miliar dollar AS. Kabar ini justru membuat kreator musik dan musisi menjadi khawatir, terutama artis-artis baru yang belum dikenal luas.

Alasannya, seperti dilaporkan situs Bloomberg (29/5/2014), mereka takut jika makin banyak konsumen yang hanya melakukan streaming musik, alih-alih mengunduh, akan mengurangi pendapatan mereka.

Zoe Keating, seorang pencipta musik dan pemain celo yang berasal dari Kanada mengatakan, "Pendapatan download dari iTunes membantu saya membayar tagihan tiap bulannya."

Keating juga mengatakan, "Kecuali jika Anda seorang artis musik terkenal atau mega bintang, maka Anda tentunya bisa hidup tanpa pendapatan dari streaming atau download lagu-lagu Anda di iTunes."

Berubahnya model bisnis Apple untuk iTunes, dari mengunduh menjadi streaming adalah satu hal yang dtakutkan banyak artis-artis kecil. "Kami ingin Apple lebih peduli dengan artis kecil, mengungkap cerita kami dan tetap mempertahankan pembelian lagu," imbuh Keating.

Sementara di sisi lain, Eddy Cue selaku Apple Senior Vice President mengatakan bahwa pembelian Beats justru akan memperkuat layanan Apple. "Dari streaming dengan iTUnes Radio hingga layanan berlangganan berkelas dalam beats, dan tentunya membeli musik dari iTunes Store seperti yang dilakukan para konsumen selama ini."

Namun, menurut lembaga survei IDC, layanan streaming kian kemari justru makin digemari, sementara mengunduh lagu sudah mulai ditinggalkan oleh para konsumen. Pendapatan dari streaming juga lebih kecil dibanding mengunduh lagu.

Pengakuan Keating pun seolah mempertegas hasil survei itu. Menurut pengakuannya, pendapatannya dari layanan streaming musik jauh lebih kecil dibanding dari hasil download. Tahun lalu ia mendapatkan 38 ribu dollar AS dari penjualan lagu di iTunes.

Sementara dari tiga situs layanan download lagu lain, Keating berhasil mendapatnkan 34 ribu dollar AS. Namun, dari lima situs layanan streaming, termasuk Spotify dan Pandora, Keating hanya mendapatkan 6 ribu dollar AS saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com