Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Mau Bikin Pemandu Wisata Virtual

Kompas.com - 02/06/2014, 15:24 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Divisi peta dan lokasi Nokia akan meningkatkan kemampuan petanya, Nokia Here, dengan menambahkan fitur pemandu wisata virtual. Untuk melakukannya, Nokia dikabarkan telah mengakuisisi perusahaan Desti.

Desti adalah aplikasi perencana perjalanan (travel-planning) virtual dengan kepandaian buatan (Artificial Intelligence), yang dikembangkan dari penelitian yang sama yang menghasilkan Siri dan Nuance.

Menurut Engadget (30/5/2014), karena software Desti memiliki bahasa pemrosesan yang sama, maka ia bisa menggunakan metadata dan ulasan online dari konsumen akan suatu tujuan wisata, dan menyajikannya berdasar pada apa yang pengguna cari.

AI milik Desti bisa menumpulkan beragam konteks permintaan dari penggunanya, dan mengumpulkan rekomendasi-rekomendasi yang ada di internet untuk kemudian menyajikannya dalam bahasa yang mudah.

Pengguna kemudian bisa berkomunikasi secara verbal dengan Desti, layaknya berkomunikasi dengan Siri, asisten pribadi dalam Apple iPhone. Hanya saja, percakapan tersebut hanya terbatas dalam konteks tujuan wisata saja.

Walau demikian, Nokia belum menjelaskan lebih detil, bagaimana Nokia Here saat diintegrasikan dengan Desti.

Vice President of Search and Places Nokia, Don Zereski pun hanya memberikan sedikit bocoran, "Nokia ingin membuat kelas layanan lokasi baru yang bisa tahu siapa Anda dan apa yang Anda cari, bahkan sebelum Anda bertanya," ujarnya.

Bisa jadi, Nokia Here ke depannya akan menjadi gabungan antara Foursquare dan Google Now.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com