Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Pesan Apple "Pinjam" Fitur WhatsApp?

Kompas.com - 03/06/2014, 14:15 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber The Verge


KOMPAS.com - Apple menyadari bahwa aplikasi Messages menjadi aplikasi yang paling sering digunakan saat ini dalam perangkat iOS. Karena itu, Apple merombak habis layanan pesan instannya agar bisa bersaing dengan pemain besar penyedia layanan pesan instan lainnya.

Di ajang Apple WWDC 2014, Apple dengan sistem operasi terbarunya, iOS 8 memberikan upgrade terbesar dalam hal layanan messaging. Apple mencoba menambahkan fitur-fitur penting baru yang selama ini dimiliki oleh layanan messaging lain, seperti WhatsApp, Snapchat, dan Facebook Messenger.

Layanan pesan di dalam iOS 8 kini memiliki sejumlah fitur-fitur layanan pesan instan lain, seperti mengirim voie message dalam WhatsApp, atau mengirim video yang bisa kadaluarsa kecuali memilih untuk menyimpannya, seperti fitur Snapchat.

Di samping itu, layanan Messages di iOS 8 juga menyerupai Facebook Messenger, di mana pengguna bisa menambahkan teman dalam sebuah grup, dan menghapusnya dengan mudah.

Pengguna Messages juga bisa berbagi lokasi dengan teman-temannya, layaknya jejaring sosial Path, serta melihat serangkaian foto yang dibagi dengan teman dalam suatu chat.

Bukan hanya fitur-fiturnya saja yang dicoba ditiru oleh Apple, namun antarmuka dan pengalaman penggunaannya juga. Seperti dalam berkirim video, pengguna cukup menekan dan menahan tombol rekaman lalu menggeser jari ke tombol lain untuk mengirimnya, mirip dalam Snapchat.

Sementara untuk mengirim voice memo, pengguna cukup menekan dan menahan tombol mikrofon, layaknya menggunakan WhatsApp.

Fitur lain yang cukup revolusioner yang ditambahkan Apple dalam Messages di iOS 8 adalah kemampuan mendengarkan pesan suara tanpa harus membuka layar kunci.

Pengguna kini cukup hanya mengangkat smartphone ke telinga, dan pesan suara akan diputar secara otomatis. Pengguna juga bisa langsung membalasnya tanpa mengalihkan perhatian. Fitur tersebut sangat membantu saat pengguna sedang menyetir mobil dan sebagainya.

Menurut The Verge (2/6/2014), keputusan Apple untuk menghadirkan sejumlah fitur dan antarmuka yang menyerupai pesaingnya itu adalah upaya mereka untuk menunjukkan bahwa bukan hanya fitur saja yang menentukan kesuksesan suatu aplikasi.

Selain itu, dengan menambahkan sejumlah fitur yang dimiliki oleh para pesaingnya, nampaknya Apple mencoba mengubah paradigmanya tentang fitur messaging dalam perangkatnya, yang selama ini terkesan stagnan semenjak diluncurkannya iPhone di tahun 2007.

Namun, Apple juga perlu menyadari bahwa komunikasi saat ini telah menjadi komoditi. Dan Apple akan kesulitan jika hanya membuat aplikasi yang hanya berjalan di satu platform saja. Aplikasi messages dan platform iMessages saat ini hanya bekerja dengan produk-produk Apple.

Banyak sekali aplikasi pesan instan yang harus dihadapi Apple (sebut saja WhatsApp, Path atau Snapchat) dan semuanya bisa dipakai oleh pengguna tak peduli apa perangkatnya. Dapatkah Apple bersaing dengan mereka?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com