Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Transaksi FKI & ICS 2014 Turun

Kompas.com - 04/06/2014, 16:20 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Target transaksi yang dipatok Dyandra Promosindo di gelaran Indonesia Cellular Show (ICS) dan Festival Komputer Indonesia (FKI) tahun ini turun dari tahun sebelumnya.

Tahun lalu, gelaran dua pameran tersebut mampu mencatatkan transaksi sebesar Rp 625 Miliar. Sementara tahun ini, Dyandra Promosindo hanya menargetkan transkasi Rp 425 Miliar saja.

Public Relation Manager Dyandra Promosindo, Mirna Suryani Gozal mengatakan, alasan penurunan target tersebut berkaitan juga dengan jumlah kota penyelenggaraan.

"Tahun lalu FKI dan ICS diselenggarakan di enam kota di Indonesia, sementara tahun ini hanya empat kota saja, karena itu kami menurunkan target transaksi di pameran tahun ini," demikian terang Mirna.

Walau demikian, Mirna mengakui animo masyarakat terhadap pameran FKI dan ICS dari tahun ke tahun terus meningkat, setidaknya untuk pameran yang diselenggarakan di Jakarta. Menurut Mirna, jumlah total pengunjung selalu meningkat antara 5-10 persen tiap tahunnya.

"Biasanya di hari biasa kami mampu menarik 180 hingga 200 pengunjung, sementara di akhir pekan bisa mencapai 4 hingga 5 ribu pengunjung," terang Mirna.

Kapasitas tempat pameran yang terbatas diakui Mirna juga menjadi salah satu kendala dalam menarik lebih banyak lagi pengunjung pameran di Jakarta.

Pameran FKI dan ICS 2014 mulai dibuka Rabu (4/6/2014) hingga Minggu (8/6/2014) di Jakarta Convention Center.  

Sementara dari sisi peserta pameran, Mirna menuturkan, minat vendor-vendor komputer untuk berpartisipasi dalam pameran makin menurun. Hal tersebut menurutnya disebabkan oleh menurunnya pasar komputer dibanding pasar mobile, seperti smartphone dan tablet PC.

"Untuk vendor komputer, bujet mereka bukan dihilangkan, namun dikurangi, jadi jika dulu mereka bisa ikut di tiga pameran dalam satu tahun, maka tahun ini hanya satu kali, luas booth yang digunakan juga dikurangi sesuai anggaran," demikian terang Mirna.

"Trennya sekarang makin menurun dibanding saat tahun 2007 lalu, dimana vendor komputer masih tinggi minatnya, tahun ini lebih banyak ke gadget, sesuai dengan tren lifestyle," tutur Mirna. Karena itulah, tahun ini FKI dan ICS 2014 juga di-branding oleh Dyandra Promosindo dengan nama "Gadget Show 2014."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com