Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Bikin Apps untuk Pemilu Indonesia

Kompas.com - 09/06/2014, 16:48 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Developer di Indonesia diajak untuk memanfaatkan sebuah API untuk mengembangkan aplikasi untuk Pemilu.

Ajang bernama API Pemilu: Code for Vote 2.0 Challenge, merupakan sebuah kompetisi aplikasi yang terselenggara berkat kerjasama Google Developer Group (GDG) Jakarta dan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem).

Kompetisi ini diharapkan bisa mendorong developer lokal memanfaatkan data yang disiapkan dalam bentuk API Pemilu, dan menciptakan perubahan dengan mengembangkan aplikasi berbasis web atau mobile yang bermanfaat dalam menyukseskan Pemilu.

Kompetisi API Pemilu: Code for Vote 2.0 Challenge ini sudah dibuka. Tim dengan aplikasi terpilih akan diundang untuk menghadiri demo day di Jakarta pada hari Sabtu, 14 Juni 2014.
Pemenangnya berkesempatan mengunjungi kantor Google di Singapura, tersedia pula hadiah berupa uang tunai. Bagi yang tertarik, bisa mendaftarkan diri di bit.ly/code4vote.

Apa yang Bisa Dibikin?

Seperti dikabarkan oleh Ziliun, Endpoints API Pemilu yang dapat dimanfaatkan oleh peserta untuk mengembangkan aplikasi adalah sebagai berikut.

  • Campaign Finance API: Laporan finansial kampanye dari kandidat, partai, dan donor independen untuk pemilu legislatif 2014
  • Stamps API: Satu set gambar terkait pemilu yang dapat digunakan untuk mengemukakan opini atau sikap terkait pemilu dengan gambar yang menarik.
  • Presidential Candidate API: Informasi biografi tentang para kandidat, serta janji-janji yang telah dibuat, jadwal kampanye, video terkait, visi dan misi, dan kutipan yang mereka buat.
  • Election Violations API: Sebuah database yang dapat dicari terkait laporan pelanggaran pemilu yang dikumpulkan oleh Bawaslu RI.
  • Social Media API: Sebuah arsip yang dapat dicari terkait posting media sosial oleh dan tentang para kandidat.
  • Presidential FAQ API: Jawaban untuk pertanyaan yang sering diajukan tentang pemilihan presiden.
  • Legislative Election Results: Endpoint anggota legislatif terpilih yang akan memiliki hasil pemilu lengkap untuk DPD dan DPR.

Untuk mengakses API Pemilu yang tersedia, kunjungi http://developer.pemiluapi.org/.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com