Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/06/2014, 09:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Sony berusaha mengungguli Microsoft di ajang pameran E3 Expo. Selain menjanjikan game yang dirilis lebih cepat, serta fitur baru dalam PlayStation 4, Sony juga mencoba "menjajah" ruang keluarga. Sementara Xbox hanya fokus pada penambahan game baru.

Fitur baru dalam konsol Sony PS4 yang diperkenalkan di ajang E3 adalah fungsi tombol Share di kontroler yang nantinya bisa terhubung langsung dengan akun YouTube. Dengan menekan tombol tersebut, gamer bisa langsung mengunggah klip video gameplay ke kanal YouTube miliknya.

"Kami tahu pengguna ingin memiliki cara yang mudah untuk berbagi pengalaman mereka," ujar Shawn Layden, President dan CEO Sony Computer Entertainment America dalam pidatonya di ajang E3, Senin (9/6/2014), seperti dikutip dari Trusted Review.

"Dengan sekali tekan tombol Share, pengguna PS4 akan bisa mengunggah videonya langsung ke YouTube," imbuhnya.

Saat ini menurut Layden, sekitar 95 persen konsol PS4 di seluruh dunia sudah saling terhubung. Klip game yang diunggah melalui fitur Share juga telah mencapai 1,25 miliar jam. Tombol Share juga diklaim telah ditekan sebanyak 220 juta kali.

PlayStation TV

Selain itu, di kesempatan yang sama, Sony juga memperkenalkan PlayStation TV untuk mengukuhkan keunggulannya di ruang-ruang keluarga. PlayStation TV yang saat ini baru dirilis di Jepang akan mulai dijual di wilayah Amerika dan Kanada.

Menurut Digital Trends (9/6/2014), perangkat tersebut memiliki konsep yang sama dengan yang ditawarkan Apple TV. Pengguna bisa melakukan streaming PS4 mereka dengan TV lain.

Di samping itu, PlayStation TV juga bisa digunakan untuk menangani beragam media, dan yang paling menarik, memainkan game-game PS Vita, PS1, dan PSP. Sony mengklaim, ada lebih dari seribu judul game yang bisa dimainkan oleh pengguna PlayStation TV saat diluncurkan.

Dengan dikombinasikan dengan layanan PlayStation Now, Sony seolah ingin menjawab masalah kompatibilitas ke belakang yang tidak dimiliki oleh konsol PS4. PlayStation Now sendiri akan mulai diuji coba secara beta pada 31 Juli 2014 nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com