Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai-ramai Bikin Aplikasi untuk Pemilu 2014

Kompas.com - 14/06/2014, 14:00 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Pengembang aplikasi meramaikan Pemilihan Umum Presiden 2014 dengan membuat aplikasi yang relevan untuk kebutuhan masyarakat. Dalam ajang bertajuk: "Code for Vote 2.0 Challenge," Sabtu (14/6/2014), di pusat perbelanjaan fX Sudirman, Jakarta, pengembang diajak memanfaatkan data dalam bentuk Application Programming Interface (API) khusus Pemilu.
 
Pada kesempatan ini, pengembang ditantang untuk membuat aplikasi yang dapat memerlihatkan peta hasil Pemilu Legislatif dan juga aplikasi yang berhubungan dengan Pemilu Presiden 2014.
 
Tujuannya, memberi informasi seputar Pemilu dan mengajak masyarakat, khususnya pemilih pemula, untuk berpartisipasi dalam Pemilu. Ajang ini juga bertujuan mempromosikan open data dan mendorong terbentuknya pemerintah yang transparan.
 
Kegiatan ini diikuti oleh 334 peserta yang terdiri dari 107 kelompok. Tim juri kompetisi ini termasuk perwakilan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu), Google, Google Developer Group (GDG), Walden Global Service (WGS), dan dari masyarakat sipil.

Aditya Panji/KompasTekno
Sebanyak 334 pengembang aplikasi yang terdiri dari 107 kelompok meramaikan kompetisi pembuatan aplikasi Code for Vote 2.0 di fX Sudirman, Jakarta, Sabtu (14/6/2014)
Chapter Manager Google Developer Group (GDG) Jakarta, Putri Izzati, berharap aplikasi yang dihasilkan dari ajang ini membawa dampak besar masyarakat. "Kami percaya anak muda Indonesia memiliki potensi, kemauan, dan kemampuan untuk berkontribusi positif bagi perubahan Indonesia," katanya.
 
Para pengembang dapat memanfaatkan API tentang laporan finansial kampanye para calon legislatif hingga calon presiden, informasi biografi para kandidat, janji, jadwal kampanye, visi misi, hingga kutipan yang mereka lontarkan. Pengembang juga bisa memanfaatkan data tentang anggota legislatif yang memenangkan Pemilu.

Pemenang dari kompetisi Code for Vote 2.0 ini bakal diumumkan pada Sabtu (14/6/2014) sore. Pemenangnya berkesempatan mengunjungi kantor Google di Singapura serta mendapat hadiah uang tunai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com