Bayar Kuliah pun Bisa Pakai Bitcoin - Kompas.com

Bayar Kuliah pun Bisa Pakai Bitcoin

Aditya Panji
Kompas.com - 17/06/2014, 07:54 WIB
AFP
Ilustrasi Bitcoin

KOMPAS.com - Penggunaan Botcoin sebagai alat pembayaran di sekolah semakin luas. Kali ini, perguruan tinggi The King's College di New York, Amerika Serikat, mengumumkan mereka menerima pembayaran dengan mata uang virtual Bitcoin, Jumat (13/6/2014).

Melalui kemitraan dengan Coin.co, sebuah perusahaan yang memfasilitasi transaksi Bitcoin, The King's College memungkinkan mahasiswa membayar uang kuliah, sumbangan, dan biaya lainnya dengan Bitcoin.

Saat ini, ditetapkan biaya kuliah satu semester di The King's College adalah 28 Bitcoin.

The King's College dan Coin.co tidak mengenakan beban biaya tambahan apa pun jika mahasiswa membayar dengan Bitcoin. Sementara jika mahasiswa membayar dengan kartu kredit, perguruan tinggi mengenakan biaya transaksi 2,3 persen.

Perguruan tinggi ini berharap dapat membekali mahasiswanya dengan teknologi baru, seperti Bitcoin, yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir.

"Mempersilakan Bitcoin sebagai alat untuk membiayai pendidikan akan menekan biaya kami dan secara bersamaan memungkinkan mahasiswa jadi bagian dari teknologi baru yang menarik," kata Presiden The King's College, Dr. Gregory Alan Thornbury, seperti dikutip dari Time.

The King's College menjadi perguruan tinggi terakreditasi pertama di Amerika Serikat yang menerima pembayaran Bitcoin, dan menjadi yang ketiga di dunia setelah University of Nicosia di Siprus pada November 2013, dan University of Cumbria di Inggris pada Januari 2014.

Pada Februari 2014, University of Puget Sound di Washington, Amerika Serikat, menerima donasi dari alumni sebesar 10.000 dollar AS via Bitcoin, walaupun universitas itu tidak memiliki kebijakan pembayaran dengan Bitcoin.

PenulisAditya Panji
EditorWicak Hidayat
SumberTime
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM