Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, Foto Olahan Pertama Photoshop

Kompas.com - 17/06/2014, 09:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Siapa tak kenal Adobe Photoshop? Software tersebut sudah menjadi standar dunia untuk pengolahan gambar digital. Namun, ada masa ketika para pengguna komputer belum familiar dengan konsep manipulasi digital image, apalagi nama Photoshop.

Dunia itulah yang dihadapi pencipta Photoshop, John Knoll, saat berusaha mengenalkan software buatannya. Ketika itu dia kesulitan mencari gambar digital yang jumlahnya memang masih sangat terbatas.

Maka dari itu, Knoll mengambil sebuah foto ukuran 6 x 4 inci yang diabadikan saat liburan ke Hawaii pada 1987, lalu memindainya dengan sebuah flatbed scanneryang juga merupakan barang langkahasil pinjaman dari teman yang bekerja di Apple.

Wanita dalam foto tersebut adalah istri Knoll, Jennifer, yang sedang bersantai di pasir putih Pulau Bora-bora. Jadilah, file gambar digital berformat TIFF hasil pindaian itu dinamai “Jennifer in Paradise”.

“Foto ini adalah gambar yang bagus untuk keperluan demo. Enak dilihat, dan ada banyak hal yang secara teknis bisa dilakukan dengannya,” ujar Knoll, seperti dikutip dari The Guardian.

“Jennifer in Paradise” pun menjadi foto pertama yang diolah secara digital menggunakan software Adobe Photoshop besutan Knoll dan kakak lelakinya, Thomas. Foto itu disertakan dalam tiap kemasan Photoshop yang dikirim ke sejumlah perusahaan untuk keperluan demo produk atau lainnya.

Sebenarnya, olah gambar digital sudah dikenal sebelum kehadiran Photoshop. Namun, dulu, proses ini memerlukan komputer mahal seharga ratusan ribu dollar AS dan operator khusus.

Photoshop membuat semua orang bisa melakukan hal tersebut dengan komputer biasa yang harganya jauh lebih terjangkau khalayak umum, macam Macintosh Plus pada masa-masa awalnya dulu.

John Knoll kini bekerja sebagai chief creative officer di Industrial Light & Magic. Dia merasa bangga dengan pengaruh yang dihadirkan Photoshop untuk dunia digital masa kini. “Semua alat bisa digunakan untuk tujuan baik atau jahat. Itu tergantung pada etika orang yang menggunakannya.”

Knoll sempat mengunggah sebuah video yang dibuat untuk merayakan ulang tahun Photoshop, sebagaimana bisa dilihat di bawah. Di dalamnya dia mendemonstrasikan proses menipulasi gambar menggunakan Photoshop versi pertama dan file gambar “Jennifer in Paradise”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com