Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartfren Gelar Lomba Bikin Aplikasi Android

Kompas.com - 17/06/2014, 15:04 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Smartfren Telecom, Tbk., menggelar kontes bernama Olymplication. Sebuah kontes pengembangan aplikasi Android. Kontes ini diselenggarakan dengan menggandeng Asosiasi Android Indonesia (Asanda) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) beberapa kampus.

“Kontes ini kami selenggarakan dengan melihat bahwa pentingnya industri seluler, terutama operator, dalam mendukung dan memajukan industri aplikasi dalam negeri," ujar  Sukaca Purwokardjono, Head of Smartphone Smartfren.

Sukaca menjanjikan, aplikasi para pemenang akan langsung disertakan (pre-install) dalam perangkat Andromax terbaru yang akan datang.

Kontes aplikasi ini bisa diikuti oleh tim (4 orang) yang sudah mendaftarkan diri lewat email olymplication@smartfren.com paling lambat 30 Juni 2014. Perwakilan Smartfen akan menghubungi peserta untuk mempresentasikan aplikasinya di hadapan juri yang terdiri dari perwakilan Kementrian Pendidikan, Universitas, Smartfren, Google, Android Community, dan Media.

Pihak Smartfren mengatakan akan menilai aplikasi berdasarkan orisinalitas (belum pernah dipublikasikan sebelumnya), pemenuhan kebutuhan konsumen, kemudahan penggunaan, memaksimalkan fitur Android, serta harus dapat digunakan pada perangkat seri Andromax dari Smartfren.

Terdapat 10 topik aplikasi yang bisa diajukan:

  1. Education
  2. Business & Finance
  3. Government
  4. SME
  5. Tourism
  6. Agriculture
  7. Religion
  8. Automotive
  9. Community
  10. Oil & Gas
Selain disertakan dalam Andromax yang akan datang, pihak Smartfren juga menjanjikan hadiah yang totalnya mencapai nilai ratusan juta rupiah.

Untuk meningkatkan wawasan para peserta, Smartfren mengadakan seminar “Technopreuneurship with Android”. Seminar ini akan menjelaskan persyaratan FICO (Functional, Innovative, Creative, dan Original) bagi calon peserta lomba.  

Seminar diadakan hingga tanggal 23 Juni 2014 di beberapa universitas yang ada di Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Jogjakarta, dan Semarang.

Jadwalnya adalah sebagai berikut:
- 11 Juni 2014 UIN Sunan Kali Jaga Yogyakarta
- 12 Juni 2014 Universitas Teknologi Yogya
- 14 Juni 2014 Universitas Gajah Mada Yogyakarta
- 16 Juni 2014 Universitas Negeri Jakarta
- 17 Juni 2014 Yayasan Akutansi Indonesia (YAI) Jakarta
- 18 Juni 2014 ITENAS Bandung
- 20 Juni 2014 Universitas Parahyangan Bandung
- 21 Juni 2014 Institut Teknologi Sepuluh November
- 23 Juni 2014 di Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com