Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kehebatan Layar Super-AMOLED di Samsung Galaxy Tab S?

Kompas.com - 17/06/2014, 20:08 WIB
Heru Margianto

Penulis


NEW YORK, KOMPAS.com
 - Samsung Galaxy Tab S yang baru saja diluncurkan di Madison Square, New York, Kamis (12/6/2014) lalu adalah tablet pertama yang menggunakan layar super-AMOLED (active-matrix organic light-emitting diode). Seberapa hebat layar dengan teknologi ini dan apa manfaatnya bagi pengguna?

Senior Vice President Samsung Electronic Amerika, Michael Abary, saat mengumumkan tablet ini, menjelaskan, layar Super-AMOLED menghasilkan 90 persen cakupan warna Adobe RGB alias mengekspresikan berbagai warna yang belum ada sebelumnya.

Layar tersebut juga menyajikan tampilan dengan rasio kontras yang sangat tinggi yaitu 100.000:1. Bandingkan dengan rasio kontras layar 1000:1. Dengan rasio ini, gambar yang dihasilkan lebih tajam, lebih realistis dengan suguhan warna hitam lebih gelap dan putih lebih terang. Boleh dibilang, ini adalah tablet Samsung yang dengan layar yang paling tajam.

Berdasarkan studi yang dilakukan Samsung, mayoritas orang menggunakan tablet untuk tiga hal yakni surfing atau berselancar di internet, menonton video, dan beraktivitas di media sosial. Studi itu mendapatkan, umumnya film yang ditonton adalah film-film berdurasi panjang.

"Karena itulah kami menghadirkan pengalaman baru menonton dengan layar super-AMOLED yang menghadirkan gambar-gambar yang tajam dan kaya," kata dia.

Layar super-tajam hanya salah satu keunggulan Samsung Galaxy Tab S. Samsung juga mengklaimnya sebagai tablet paling tipis dan ringan, tablet pertama yang menggunakan pemindai sidik jari, dan tablet pertama yang dibekali prosesor delapan inti atau octa core.

Galaxy Tab S disebut mampu memutar video hingga 11 jam nonstop didukung baterai 7.900 mAh untuk versi berlayar 10,5 inci dan 4.900 mAh untuk versi layar 8,4 inci.

Tablet ini akan mulai beredar di pasaran pada Juli 2014 dengan banderol harga mulai 399 dollar AS untuk varian layar 8,4 inch WiFi 16 GB dan varian 10,5 inch WiFi 16 GB dilepas dengan harga 499 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com