Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Patenkan "Cover Pintar" untuk iPad

Kompas.com - 18/06/2014, 13:35 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Daily Mail
Paten cover pintar baru Apple

KOMPAS.com - Untuk menemani perangkat tablet iPad buatannya, Apple menyediakan aksesoris bernama SmartCover. Pelengkap ini hanya berupa penutup layar yang dilekatkan dengan magnet.

Belakangan muncul kabar bahwa produsen gadget itu sedang menyiapkan aksesoris baru berupa "penutup pintar" yang tak hanya melindungi layar, namun juga mampu menampilkan hal-hal seperti notifikasi e-mail masuk di permukaannya.

Hal tersebut nampak dalam dokumen paten Apple yang dilansir Daily Mail dari Apple Insider, sebagaimana terlihat pada gambar di atas.

Notifikasi ditampilkan secara visual di permukaan cover dengan lampu-lampu LED terintegrasi. Sumber listrik diambil bukan dari iPad, melainkan baterai yang turut ditanamkan pada aksesoris penutup pintar sehingga tak memboroskan baterai tablet.

Bagian tengah cover dibuat transparan untuk menampilkan notifikasi. Tempat menampilkan notifikasi ini bisa dibuat agar berbeda-beda tergantung jenisnya.

E-mail penting, misalnya, bisa ditandai dengan "icon" surat (dibentuk oleh deretan lampu LED) yang muncul di sisi atas cover. Sementara, notifikasi SMS masuk akan muncul di bagian bawah.

Tombol pengatur volume suara pada iPad bisa dipakai untuk melakukan scrolling notifikasi yang muncul pada cover.

Dengan begini, diharapkan aksesoris penutup cerdas bisa berguna untuk pengguna iPad yang senantiasa menenteng gadget itu di tangan.

Belum diketahui apakah aksesoris dalam paten ini akan benar-benar terwujud dalam bentuk produk jadi atau tidak. Ada dugaan bahwa si cover pintar akan muncul mendampingi peluncuran iPad baru pada September mendatang.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com