Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amazon Perkenalkan Ponsel Pintar "Fire Phone"

Kompas.com - 19/06/2014, 10:25 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com - Setelah sukses menjual komputer tablet Kindle Fire, perusahaan e-commerce Amazon meluncurkan ponsel pintar bernama Fire Phone dalam sebuah jumpa pers di Seattle, Amerika Serikat, Rabu (18/6/2014).

Fire Phone mengusung layar seluas 4,7 inci dengan resolusi 720p, prosesor Qualcomm, unit prosesor grafis Adreno 330, dan RAM 2GB.

CEO Amazon, Jeff Bezos, menjanjikan ponsel ini menghasilkan kualitas audio yang baik dari speaker, kemudian ada satu set headphone yang kabelnya dijanjikan tidak akan kusut.

Salah satu yang diandalkan Fire Phone adalah unit kamera utamanya yang dibekali sensor 13 megapixel dengan lensa f/2.0 dan optik untuk menstabilkan gambar. Amazon menyediakan tombol rana di sisi samping ponsel, untuk memudahkan pengambilan gambar. Bezos sesumbar bahwa kualitas foto Fire Phone lebih baik dari Apple iPhone 5s dan Samsung Galaxy S5.

Setelah memotret, foto-foto itu dapat disimpan di media penyimpanan online (cloud) dari Amazon dengan harga yang murah.

Di sekitar layar terdapat empat unit kamera menghadap depan dan diletakkan di setiap sudut ponsel. Bezos mengatakan empat kamera ini berfungsi untuk membuat perspektif dinamis hingga melacak keberadaan kepala penggunanya.

Ia memperlihatkan bagaimana empat kamera depan itu bekerja. Ketika membuka fitur Maps, dan mencari sebuah restoran, perspektif peta digital berubah setiap kali ponsel dimiringkan.

Fire Phone berjalan dengan sistem operasi Fire OS 3.5. Sejatinya, sistem operasi ini berbasis Android namun telah dimodifikasi oleh Amazon sehingga dapat menghadirkan sejumlah fitur yang tidak ada di ponsel Android lainnya.

Tentu saja, Fire Phone dirancang untuk mendukung ekosistem yang selama ini dibangun Amazon. Di sana terdapat toko aplikasi Amazon Appstore, hingga fitur untuk menikmati konten musik, video, dan buku digital.

Ponsel ini diharapkan bisa akurat dalam mencocokan gambar atau konten lagu ke katalog produk Amazon. Misalnya, jika pengguna memotret sebuah buku lalu buku itu tersedia di situs e-commerce, ia akan menawarkan pengguna untuk membelinya.

Fire Phone dijual di Amerika Serikat dengan harga 649 dollar AS tanpa kontrak, sementara untuk sistem kontrak dengan operator telekomunikasi AT&T dihargai 200 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com