Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tumbang 20 Menit, Berapa Kerugian Facebook?

Kompas.com - 19/06/2014, 17:27 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Pesan error yang ditampilkan Facebook ketika tumbang pada Kamis (19/6/2014)

KOMPAS.com — Facebook sempat tak bisa diakses selama lebih kurang 20 menit pada hari Kamis (19/6/2014) sore waktu Indonesia bagian barat, sebelum online kembali sekitar pukul 15.35 WIB.

Periode waktu yang singkat tersebut ternyata menimbulkan kerugian yang tidak sedikit bagi jejaring sosial terbesar di dunia itu.

Data yang dilansir oleh Daily Mail menyebutkan bahwa Facebook menghasilkan pendapatan senilai 15.000 dollar AS dari berbagai sumber setiap 60 detik (1 menit).

Jika pendapatan itu dikalikan dengan lamanya gangguan Facebook hari ini, maka perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg itu telah kehilangan pendapatan sebesar 300.000 dollar AS atau sekitar Rp 3,5 miliar dari gangguan kali ini.

Tumbangnya Facebook biasanya hanya berlangsung selama beberapa menit. Kejadian hari ini, menurut catatan The Guardian, termasuk yang paling lama dalam sejarah Facebook.

Jejaring sosial yang dipakai oleh lebih dari 1 miliar pengguna tersebut pernah tumbang selama 4 jam pada Oktober 2013, dan selama 2,5 jam pada 2010. Entah berapa kerugian yang dideritanya ketika itu.

Facebook telah menyampaikan pernyataan resminya soal insiden ini. Baca di: Facebook Sudah Sembuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com