Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara BlackBerry "Borong" Aplikasi Android

Kompas.com - 20/06/2014, 11:21 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com - BlackBerry mencapai kesepakatan lisensi dengan Amazon, Rabu (18/6/2014), untuk memungkinkan pengguna ponsel pintar BlackBerry 10 mengunduh aplikasi Android dari toko aplikasi Amazon Appstore.
 
Hal itu dimungkinkan setelah BlackBerry memperbarui sistem operasinya menjadi BlackBerry versi 10.3 yang bakal meluncur pada akhir tahun ini.

Sejak sistem operasi BlackBerry 10 mencapai pengembangan versi 10.2.1, ia telah bisa menjalankan aplikasi Android yang diunduh dari berbagai sumber.

 
Para analis memandang langkah ini akan memperkaya ketersediaan aplikasi Android untuk BlackBerry 10 sehingga pengguna dapat mengunduh aplikasi populer seperti Groupon, Netflix, Pinterest, hingga Candy Crush Saga.
 
Namun, analis tidak yakin strategi tersebut bisa membantu mendorong penjualan ponsel BlackBerry 10. "Sementara ini akan memperluas ekosistem aplikasi BlackBerry 10, tetapi lingkungan smartphone untuk konsumen tetap sengit," kata analis Maynard Um dari lembaga finansial Wells Fargo.
 
Sejak BlackBerry dipimpin oleh John Chen sebagai CEO, perusahaan telah melakukan sejumlah inovasi untuk memperkuat ekosistem BlackBerry.
 
Pekan lalu, BlackBerry mengumumkan kerjasamanya dengan EnStream untuk menyediakan layanan pembayaran mobile yang aman antara bank dan konsumen. EnStream merupakan perusahaan patungan yang dimiliki oleh tiga operator besar dari Kanada.
 
BlackBerry juga akan memperbanyak jumlah ponsel segmen menengah ke bawah, melalui kerjasama dengan pemanufaktur Foxconn asal Taiwan untuk mendesain dan memproduksi ponsel harga terjangkau. Ponsel pertama hasil kerjasama BlackBerry dengan Foxconn adalah BlackBerry Z3 yang telah masuk pasar Indonesia pada Mei lalu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com