Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RetasBangsa, Kompetisi Aplikasi untuk Bantu Pemerintah

Kompas.com - 20/06/2014, 14:38 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sukses menggelar kompetisi pembuatan aplikasi digital untuk solusi di kota Jakarta, blog teknologi DailySocial kembali menggelar kompetisi bikin aplikasi yang diharapkan bisa memberi solusi untuk pemerintah dan masyarakat Indonesia di masa depan.

Kompetisi ini bertajuk RetasBangsa, yang digelar DailySocial bersama Teman Rakyat. Acara ini diselenggarakan di Hotel Ibis Jakarta, Jl. KH. Wahid Hasyim 77, Jakarta, pada 21 dan 22 Juni 2014.

Vice President of Marketing DailySocial, Rahmat Harlyadi mengatakan, ajang ini mengajak para pengembang untuk memberi sumbangsih aplikasi sebagai solusi terhadap pemerintah di berbagai sektor.

"Pengembang bisa membuat aplikasi yang berkaitan dengan penanggulangan bencana, ekonomi dan keuangan, infrastruktur, kesehatan, pendidikan, transportasi, dan lain-lain," ujar Rachmat.

Dalam kompetisi ini, pengembang ditantang merancang dan memprogram aplikasi selama 24 jam untuk berbagai platform, mulai dari perangkat komputer pribadi hingga perangkat mobile iOS, Android, Windows Phone, BlackBerry, dan Firefox OS.

Pengembang dapat memanfaatkan Application Programming Interface (API) dari situs web UKP4 dan situs web pemerintah DKI Jakarta. Bukan hanya itu, pengembang juga dipersilakan menggunakan dataset yang dibuat sendiri atau berasal dari sumber lain yang relevan.

Satu tim pengembang aplikasi maksimal terdiri dari tiga orang dan wajib mendemonstrasikan aplikasi buatannya pada sesi penjurian untuk memerebutkan total hadiah sebesar Rp 30 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com