Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Pamer Wearable Device di Jakarta

Kompas.com - 25/06/2014, 08:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Marketing Manager Sony Mobile Communications Indonesia Ika Paramita (ketiga dari kanan), Accessories Business Manager Sony Mobile Communications International untuk wilayah Asia Tenggara dan Oceania Alice Chew (ketiga dari kiri), Executive  Director Welcomm Andre Djohan (kedua dari kanan), dan Managing Director Welcomm Halim Purnomo (kedua dari kiri) bepose bersama saat membuka acara Smart Active Experience with Sony di Jakarta, Selasa (24/6/2014)

KOMPAS.com - Sony memboyong perangkat wearable device terbaru miliknya ke Indonesia. Perangkat bernama SmartBand SWR10 tersebut dipamerkan di mal Kota Kasablanka, Jakarta, dalam acara bertajuk "Smart Active Experience with Sony" yang digelar melalui kerjasama dengan PT Welcomm Ritelindo Pratama selaku distributor produk-produk aksesoris mobile Sony di Indonesia.

"Ke depannya, kami melihat pasar wearable device akan tumbuh. Tren di masa depan adalah lifestyle," ujar Marketing Manager Sony Mobile Communications Indonesia Ika Paramita ketika membuka acara pada Selasa (24/2014) siang.

Smart Active Experience with Sony akan berlangsung hingga 29 Juni mendatang. Pengunjung bisa menjajal SmartBand SWR10 bersama produk wearable device lainnya dari Sony, SmartWatch 2.

SmartBand SWR10 sendiri merupakan wearable device berupa "gelang pintar" yang diimbuhi aneka macam sensor untuk memantau aktivitas pengguna, mulai dari jumlah langkah kaki hingga ritme tidur.

Perangkat yang berfokus pada aspek fitness ini memiliki fitur andalan bernama LifeLog, di mana kegiatan pengguna tercatat selama 24 jam dalam sehari, 7 hari seminggu. SmartBand SWR10 juga memiliki kapabilitas anti air.

"Di saat kompetitor lain belum menonjolkan waterproof, SmartBand Sony sudah disertifikasi anti air dengan rating IP58," imbuh Ika. Oleh pihak Welcomm, gelang pintar dari Sony ini dijual seharga Rp 1.275.000.

Eksklusif

Welcomm akan bertindak sebagai distributor eksklusif produk-produk aksesoris mobile dari Sony, termasuk wearable device. Menurut Ika, hal ini didasarkan pada pertimbangan bisnis karena pihaknya memandang Welcomm sebagai salah satu distributor gadget terbesar di Indonesia.

oik yusuf/ kompas.com
Selain SmartBand, Sony turut memamerkan jam tangan pintar SmartWatch 2, termasuk edisi khusus Piala Dunia 2014

Meski menjadi pemasar tunggal, pihak Welcomm sendiri mengaku tak memiliki kesepakatan khusus untuk hanya menyalurkan aksesoris merek Sony.  "Kami ini multi-brand, namun memang kontribusi Sony besar," kata Executive  Director Welcomm Andre Djohan, sambil menambahkan bahwa Sony dan Welcomm telah mulai bekerja sama sejak 2007.

Soal wearable device, termasuk Sony SmartWatch dan SmartBand, Andre mengaku pihaknya mencatat penjualan bulanan sebesar 2.000 unit di seluruh Indonesia. Sekitar 50 persen dari angka itu berasal dari Jakarta.

Penjualan SmartBand belum tercatat karena masih relatif baru di pasaran. Namun, untuk SmartWatch, Andre mengatakan Welcomm bisa menjual sekitar 500 unit per bulan. "Semakin lama cenderung menurun karena konsumen selalu menantikan produk baru," tutur Andre.

Sejauh ini, Welcomm baru memasarkan wearable device buatan Sony. Andre menjelaskan pihaknya belum berencana menjual gadget pintar merk lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com