Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia X Lawas Tak Akan Bisa Upgrade OS

Kompas.com - 25/06/2014, 10:07 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Nokia X2 hadir dengan versi terbaru dari Nokia X Platform, namun Nokia X versi asli tak akan bisa menjalankan sistem baru tersebut. Hal ini berlaku juga untuk semua anggota keluarga awal Nokia X, yaitu Nokia XL dan Nokia X+.

"Karena adanya upgrade hardware yang dipersyaratkan (oleh OS versi baru), maka Nokia X Platform 2.0 tak akan tersedia untuk Nokia X, Nokia X+ dan Nokia XL," tutur Yannis Paniaras, Kepala Mobile Phones UX Design Studio di Microsoft, Beijing, di blog resmi Nokia.

Namun, Yannis menjanjikan akan adanya update untuk sistem versi lawas itu dalam beberapa bulan ke depan.

Apa yang membuat perangkat lawas tak bisa mendapatkan sistem operasi terbaru?

Menurut DailyTech, secara teoritis sebenarnya jeroan Nokia X dkk bisa menjalankan Platform 2.0 tersebut. Namun masalah sesungguhnya, ada pada ketersediaan tombol.

Microsoft/Nokia.com
Ada dua tombol, Back dan Home, pada Nokia X2.
Nokia X, X+ dan XL hanya memiliki satu tombol. Tombol itu adalah Back. Berbeda dengan Android yang memiliki setidaknya dua tombol (Home dan Back), seperti Nokia X2.

Bagi pengguna Nokia X, untuk lompat ke layar Home tak bisa sekali tekan namun dengan menekan Back berkali-kali hingga sampai ke Home. Atau, sebenarnya mereka bisa menekan (press and hold) tombol Back selama beberapa saat.

Nah, di Nokia X2, menekan tombol Back selama beberapa saat seperti itu akan memanggil fungsi Multitasking. Sedangkan akses ke Home dilakukan lewat tombol Home tersendiri.

Konflik tersebut diduga jadi salah satu yang membuat sulit penerapan Nokia X Software Platform 2.0 pada generasi "Normandy" (Nokia X, X+ dan XL).

Namun, seperti pada Windows Phone 7 saat ada Windows Phone 8, beberapa fungsi baru diyakini akan hadir lewat update. Sehingga, meski tak bisa upgrade ke OS baru, pengguna Nokia X lawas akan bisa menikmati fitur baru lewat update OS lawas mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com