Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Ini Di-"Photoshop" di 25 Negara

Kompas.com - 27/06/2014, 09:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber BuzzFeed

KOMPAS.com — Seperti apa standar kecantikan seorang wanita? Tiap-tiap negara pasti memiliki standar kecantikan wanita yang berbeda-beda. Kecantikan itu bisa bergantung pada banyak faktor, seperti budaya.

Karena itu, seorang wanita menyebar foto asli dirinya untuk dipercantik oleh sejumlah artis Photoshop di berbagai negara, dengan tujuan untuk mengetahui seperti apa standar kecantikan masing-masing negara itu, termasuk di Indonesia.

Esther Honig, seorang jurnalis lepas yang tinggal di Kansas City, AS, menamakan proyek yang ia lakukan tersebut dengan nama Before & After. Ide Honig tersebut muncul saat dirinya bekerja sebagai manajer media sosial di sebuah perusahaan rintisan di AS.

Salah satu klien tempat Honig bekerja adalah situs web yang menawarkan pekerjaan freelance kelas internasional. Honig mendapati bahwa banyak freelancer di berbagai negara dengan kemampuan Photoshop yang menawarkan diri mencari pekerjaan.

"Saya langsung tertarik, para artis Photoshop ini pasti memiliki referensi sendiri-sendiri tentang kecantikan berdasar pada budaya mereka yang berbeda-beda," ujar Honig seperti dikutip daru BuzzFeed (26/6/2014).

Honig pun kemudian mengirim foto wajahnya yang tanpa riasan ke sejumlah pekerja lepas di 25 negara, salah satunya adalah Indonesia. Honig meminta agar foto tersebut direkayasa dengan software Photoshop agar terlihat cantik, sesuai preferensi masing-masing.

Hasilnya, Honig mendapatkan sejumah foto wajahnya yang selama ini tidak pernah ia bayangkan. Foto-foto itu masing-masing menurut dia memiliki keunikan tersendiri dalam menentukan standar kecantikan di suatu negara.

Walau demikian, foto-foto tersebut ternyata juga memancing perdebatan tentang standar kecantikan, yang sebenarnya susah untuk disepakati.

"Yang saya pelajari dari proyek ini adalah, Photoshop bisa saja membuat foto menjadi cantik sesuai standar kita masing-masing, namun jika dibawa ke tingkat global, maka kecantikan ideal itu hanya bersifat ilusif," terang Honig

Foto-foto Honig yang direkayasa oleh ahli Photoshop di 25 negara bisa dilihat melalui situs web Before & After di tautan berikut ini (http://www.estherhonig.com/#!before--after-/cvkn).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BuzzFeed

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com